Tetap Bugar dan Sehat, Baca 5 Manfaat Obat Herbal Ini

0
Spread the love

RAMUAN tradisional herbal mengandung banyak manfaat, diantaranya berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh serta mencegah dari berbagai penyakit.

Menggunakan bahan alami yang tumbuh di sekitar tempat tinggal, jamu seringkali menjadi alternatif pengobatan.

Dikutip dari cnalifestyle, berikut ramuan dan manfaat dari beberapa obat herbal.

  1. Jahe

Selain untuk menghangatkan tubuh, Jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mencegah mual serta dapat membantu meringankan reumatisme. Jahe yang ditumbuk berkhasiat untuk merinngankan rasa gatal.

Sementra, jahe yang dicampur dengan garam dapat digunakan untuk penangkal racun dari gigitan ular.

  1. Kunyit

Selain sebagai pewarna alami dan bumbu masakan, Kunyit menyimpan kandungan antibakteri, antijamur serta antivirus. Olahan kunyit yang terkenal yaitu ramuan kunyit, asam dan gula jawa. Jamu kunyit asam dapat dikonsumsi perempuan saat masa mestruasi sebab kandungan curcumin pada kunyit membantu meredakan nyeri

  1. Kencur

Ramuan yang terdiri atas kencur, serai dan garam berkhasiat untuk mengobati bengkak. Sedangkan ramuan yang terdiri atas kencur, beras, gula, garam dan buah asam atau biasa disebut beras kencur menyimpan manfaat untuk menambah nafsu makan.

Baca Juga  Kader PKB Solid, Siap Menangkan Pasangan Idola Effendi Edo - Siti Farida Rosmawati
  1. Lengkuas

Olahan lengkuas dalam bentuk jamu disebut kudu laos. Jamu ini dapat mengatasi permasalahan lambung, masuk angin dan meningkatkan nafsu makan. Resep kudu laos terdiri atas bawang putih, mengkudu, merica putih, buah asam, gula pasir, gula jawa dan garam. Orang yang memiliki masalah kulit seperti herpes sangat dianjurkan mengonsumsi resep ajaib ini

  1. Biji Pala

Myristicin yang terkandung dalam biji pala dapat memperbaiki daya ingat. Cara kerjanya yaitu merangsang saraf di dalam otak. Ada pula kandungan antibakteri yang bisa membantu membunuh bakteri berbahaya. Misalnya kesehatan gigi dan mulut. Ramuan yang cocok adalah parutan biji pala yang dicampur dengan minyak oregano. Resep ini mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *