Konsisten Peduli Lingkungan, Penanaman Ratusan Pohon KAI Daop 3 Diapresiasi Pemkot Cirebon

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Dalam rangka menyukseskan program BUMN Hijukan Indonesia. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon melakukan penanaman pohon jenis Trembesi dan Mangga Kiojay di beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Hal tersebut disampaikan Takdir Santoso, Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon saat acara penanaman pohon di Stasiun Prujakan, Kota Cirebon, Rabu (7/9/22).

Takdir mengatakan, program penanaman pohon tersebut bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara.

“Total pohon yang ditanam dalam aksi penghijauan di rung publik ini sebanyak 500 pohon dengan alokasi seluruh wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon,” kata Takdir didampingi Ayep Hanapi, Manager Humas Daop setempat.

Ia menambahkan, gerakan BUMN Hijaukan Indonesia ini terus disosialisasikan pada seluruh insan KAI, agar menurutnya tidak berhenti sebagai satu simbol saja.

“Tetapi sekaligus membangun kesadaran mengenai lingkungan sehingga tercipta “Green Station,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, dapat menghijaukan lingkungan stasiun serta lingkungan di seluruh Unit Pelaksana Teknis dengan tanaman-tanaman bunga serta penanaman pohon.

Langkah penghijauan lainnya, di stasiun juga dilakukan pembuatan taman-taman yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan.

“Dengan semakin banyak stasiun yang indah maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api. Lingkungan yang asri juga akan meningkatkan kualitas udara di area publik, menyejukkan dan indah dari sudut estetika,” ujar Takdir.

Dukungan KAI pada program BUMN Hijaukan Indonesia ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 dimana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

“Gerakan KAI dalam BUMN Hijaukan Indonesia ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global sekaligus membantu pencapaian target emisi 0 pemerintah pada tahun 2060,” tandasnya.

Baca Juga  Daop 3 Cirebon Gelar Program _Millenials KAI Goes to School_ ke SMAN 5 Kota Cirebon

Pada kesempatan yang sama, Sujana, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon mengapresiasi langkah kepedulian pihak KAI Daop 3 terutama dalam pelestarian lingkungan.

“Secara simultan KAI Daop 3 konsisten menunjukan kepedulian terhadap lingkungan dan kami dari Pemkot mengapresiasinya,” ungkap Sujana. (Cepy) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *