Datangi Pasar Malam, Dinkes Kota Cirebon Razia Chiki Ngebul

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –Dianggap membahayakan kesehatan anak-anak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar malam dadakan, belum lama ini.

Dalam sidak tersebut, petugas tidak menemukan penjual chiki ngebul. Hanya saja ditemukan sejumlah pedagang makanan anak yang menggunakan bahan pewarna makanan berlebih.

Beberapa lokasi yang didatangi petugas diantranya di kawasan jalan Olahraga, Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, dan kawasan jalan Karang Jalak, Kelurahan Sunyaragi dan Kecamatan Kesambi.

dr. Hj. Siti Maria Listiawaty, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon menyampaikan, pihaknya melakukan pengawasan makanan terkait chiki ngebul termasuk makanan serta jajanan lainya.

“Jadi kita menjaga mencegah agar tidak ada dampak negatif bagi warga baik anak-anak maupun dewasa. Kasus chiki ngebul di dua pasar malam ini, kami tidak menemukannya, katanya sudah dua minggu ini tidak berjualan,” kata Maria.

Kadinkes menambahkan, pihaknya juga melihat langsung beberapa makanan yang terdapat kandungan zat warna berlebihan.

“Selain itu kami juga melihat ada makanan berupa frozen food yang dijual kebanyakan tidak dalam kondisi dingin, lebih dari 4 jam yah”, ungkapnya.

Selain melakukan sidak terhadap jajanan chiki ngebul, petugas dinas kesehatan juga memberikan sosialisasi melalui kelurahan.

“Kami juga memberikan sosialisasi ke kelurahan-kelurahan agar melakukan pengawasan terhadap sejumlah pedagang jajanan anak terutama pedagang chiki ngebul,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Evaluasi dan Persiapan Studi Tiru, Kalapas Cirebon Berikan penguatan Pada Tim Zona Integritas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *