Ribuan Pesilat Ikuti Danyon ARH/PWY Cup Open 2023

2
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yon Arhanud) 14/PWY (Pratiti Wira Yudha) menggelar kejuaraan Pencak Silat Danyon ARH/PWY Cup Open 2023 di Gedung Cangehgar, komplek Mako setempat, Jl. Raya Pilang no. 14 Kota Cirebon.

Komandan Batalyon (Danyon) Yon Arhanud 14/PWY, Mayor Arh Yanuar Yudistira ST menyebutkan, kejuaraan bergengsi tersebut diikuti oleh 1.023 atlet yang berasal dari 40 Perguruan Pencak Silat (PPS) dari wilayah Ciayumajakuning, Brebes, Tegal, Subang, Sumedang dan Kota lainnya.

Dibagi menjadi beberapa kategori, kejuaraan Pencak Silat tersebut berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Januari mendatang.

“Pencak silat adalah warisan leluhur. Sehingga, sudah sepantasnya jika dilestarikan, dikenalkan, diajarkan dan dilatih kemudian dilaksanakan perlombaan dalam sebuah ajang kompetisi,” kata Mayor Arh Yanuar Yudistira.

Kegiatan tersebut, menurutnya sangat penting. Dalam rangka mengukur, mengasah kemampuan diri dalam olahraga Pencak Silat.

selain itu, lanjutnya, sebagai salah satu perwujudan dari Program TNI AD, yakni, meningkatkan kemampuan bela diri. Baik anggota maupun masyarakat.

“Disini para atlet bisa menunjukan hasil latihanya selama ini,” jelasnya.

Selain memperebutkan piala, sertifikat dan medali, masih kata Mayor Arh Yanuar, peserta pun berkesempatan mendapatkan hadiah beasiswa melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan tinggi.

“Terima kasih karena kegiatan ini disambut secara antuasias oleh masyarakat dan pesan saya tetap selalu menjaga dan menjunjung tinggi nilai sportifitas. Karena Pencak Silat adalah warisan leluhur serta menunjukan identitas kita sebagai bangsa yang luhur,” tandasnya.

Prosesi pembukaan kejuaraan diawali dengan pemukulan gong oleh Danyon Arhanud 14/PWY dan disaksikan oleh, Sekda Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi M. Si., Forum Forkopimda Kota/Kabupaten Cirebon, pengurus IPSI Provinsi Jabar dan Kota Cirebon serta undangan lainnya.

Baca Juga  Waspadai Bencana Kebakaran di Musim Kemarau, Begini Himbauan BPBD Kabupaten Cirebon

“Dari kejuaraan Pencak Silat Danyon ARH/PWY Cup Open 2023 ini semoga dapat melahirkan bibit-bibit atlet handal dan berprestasi,” harapnya.

Sementara itu, mewakili Pemda Kota Cirebon melalui Sekda Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi, M. Si., menyambut baik dan mengapresiasi gelaran kejuaraan tersebut.

“Kejuaraan ini menunjukan komitmen Yon Arhanud 14/PWY dalam rangka meningkatkan kemajuan olahraga di Kota Cirebon khususnya Pencak Silat,” ungkap Agus.

Untuk lebih mengasah kemapuan pesilat, Agus berharap, event tersebut dapat dilaksanakan tidak hanya setahun srkali. Akan tetapi digelar secara berkesinambungan.

“Kalau bisa jangan tahunan, minimal 6 bulanan supaya adik-adik kita bisa terus mengasah dalam neningkatkan kemampuannya,” pesannya.

Agus berharap, kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya untuk bisa meningkatkan prestasi olahraga Pencak Silat.

“Karena Bagaimanapun juga, olahraga ini dilahirkan dari Indonesia yang menjadi bagian dari jati diri dan kita perlu menjadi bagian dari sebuah kebanggaan itu,” pungkasnya. (Cepy) 

2 thoughts on “Ribuan Pesilat Ikuti Danyon ARH/PWY Cup Open 2023

  1. Semoga dengan dibukanya Kejuaraan
    Pencak silat Danyon Arhanud/PWY Open Cup 2023, Mayor Arh Yanuar Yudistira. S.T. Yonarhanud 14/PWY dapat meningkatkan semangat bagi para atlet untuk kemajuan olahraga pencak silat wilayah Cirebon.

  2. Semoga dengan dibukanya Kejuaraan
    Pencak silat Danyon Arhanud/PWY Open Cup 2023, Mayor Arh Yanuar Yudistira. S.T. Yonarhanud 14/PWY dapat meningkatkan semangat bagi para atlet untuk kemajuan olahraga pencak silat wilayah Cirebon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *