Dianggap Sukses Kendalikan Inflasi, Mendagri Apresiasi Pemkot Cirebon

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Berhasil kendalikan inflasi selama tahun 2022 diapresiasi Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri). Apresiasi disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Jenderal Polisi (Purn). Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D.,. saat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi tahun 2023 melalui video conference, Senin (30/1).

Mendagri mengaku salut, karena apa yang disampaikan sangat sistematis dan sembilan upaya pengendalian inflasi yang pernah dirumuskan bersama bisa terlaksana dengan baik.

“Apa yang sudah dilakukan Kota Cirebon, beda tipis dengan Gorontalo. Hanya saja Kota Cirebon lebih detail dan sistematis. Misalnya terkait pengendalian harga, ketersediaan pasokan bahan pangan, hingga kelancaran distribusi pangan dan kerja sama antardaerah,” kata Tito.

Sementara itu, Walikota Cirebon, H. Nashrudin Azis, menjelaskan langkah-langkah strategis Pemda Kota Cirebon dalam upaya mengendalikan inflasi di Kota Cirebon. Pada tahun 2022, inflasi Kota Cirebon sebesar 4,86 persen.

Realisasi ini merupakan yang terendah di antara tujuh kota/kabupaten Indeks Harga Konsumen (IHK) Jawa Barat lainnya.

Rendahnya inflasi Kota Cirebon didukung oleh sinergi dan kolaborasi berbagai pihak dalam wadah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), khususnya melalui implementasi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). (Cepy)

“Apa yang sudah kami lakukan dalam mengendalikan inflasi daerah pada dasarnya hampir sama dengan daerah lain di Indonesia. Karena kami mengikuti dan mengembangkan petunjuk dari pemerintah pusat,” kata Azis

Baca Juga  Jalin Silaturahmi dan Isi HUT Korps Arhanud ke-77, Danyon Arhanud 14/PWY Gelar Anjangsana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *