Upaya Ciptakan Keamanan dan Ketertiban, Begini Langkah Kepala KPR Rutan Cirebon

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –Mengemban tugas sebagai Kepala KPR (Kesatuan Pengamanan Rutan) dituntut memiliki tanggung jawab dan disiplin kerja yang tinggi, Hal tersebut disampaikan Donny Yudha Pratama Amd.IP SH., pejabat KPR Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Cirebon, Jl. Benteng No.1, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

“Kami dihadapkan dengan berbagai karakter, tak jarang berhadapan langsung dengan Warga Binaan Pemasyrakatan (WBP),” kata Donny usai melaksanakan salah satu kegiatan di Rutan setempat, Sabtu (18/2/23) pagi.

Berbagai upaya dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tugasnya dilakukan pria kelahiran Makasar tahun 1987 tersebut

“Kami selalu mengadakan pendekatan secara persuasif dengan Tahanan dan WBP,” ungkapnya.

Disebutkan Donny, langkah pendekatan persuasif dan humanis tersebut, meliputi, pendekatan personal yg dilakukan sambil kegiatan kontrol keliling, melakukan pendekatan kelompok melalui tahanan dan WBP yang dituakan, kegiatan olahraga seni dan kegiatan positif lainnya.

“Selain itu, kami juga secara berkala melakukan kunjungan dari sel ke sel, mendengarkan keluhan langsung dari mereka,” ujar Donny.

Langkah strategis lainnya dalam penegakan keamanan dan ketertiban, lanjut Donny, pihaknya memiliki komitmen bersama WBP dalam upaya pemberantasan peredaran Narkoba atau bersih narkoba di Rutan.

“Bersama WBP kami memiliki komitmen untuk tidak ada lagi peredaran serta penyalahgunaan Narkoba juga menghapus tindak kekerasan dari petugas ke tahanan dan WBP maupun sesama WBP, dengan cara menciptakan secara bersama-sama suasana kekeluargaan,” jelas Donny.

Karena Rutan, masih kata Donny, merupakan rumah bersama yang harus dijaga dengan asas kekeluargaan senasib sepenanggungan. Terpenting, tambahnya, dirinya tak lelah selalu menjalin komunikasi, turun langsung menemui WBP.

“Tentunya, kami mencoba mengerti permasalahan yang mereka hadapi, itulah salah satu upaya dalam rangka mewujudkan situasi Rutan yang kondusif sesuai dengan 3 + 1 kunci pemasyarakatan maju,” ungkap pria yang hobi olahraga joging dan tennis ini.

Baca Juga  Optimalkan Layanan, Kantor Imigrasi Cirebon Luncurkan E-Pasport

Sehingga dengan upaya tersebut, papar Donny, suasana kemanan ketertiban di lingkungan Rutan Kelas 1 Cirebon tetap terjaga dengan baik. (Cepy) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *