Bersinergi Bersama Akbid Graha Husada, Rutan Cirebon Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan Perempuan

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –Mahasiswa Akademi Kebidanan (Akbid) Graha Husada Cirebon memberikan penyuluhan kepada Warga Binaan Perempuan di Rutan Cirebon terkait Kesehatan Reproduksi dan Penggunaan Kontrasepsi.

Kegiatan penyuluhan ini terselenggara atas sinergitas Akbid Graha Husada dengan Rutan Kelas I Cirebon, tak hanya penyuluhan saja, Mahasiswa Akbid Graha Husada pun memberikan pemeriksaan gratis Hemoglobin (HB), Tensi Darah kepada Warga Binaan Perempuan di Rutan Cirebon.

Kepala Rutan Cirebon Renharet Ginting melalui Kasi Pelayanan dan Tahanan Ahmad Fauzi dan Kasubsi Administrasi dan Perawatan Tata mengapresiasi maksud dan tujuan dari penyuluhan yang dilakukan Akbid Graha Husada Cirebon.

Tim medis klinik Rutan Cirebon pun langsung menyambut dan membantu keperluan yang diperlukan oleh mahasiswa Akbid Graha Husada.

Turut hadir selaku Dosen Pembimbing dari Akbid Graha Husada, Atiek mendampingi mahasiswa-mahasiswa nya memberikan penyuluhan.

Sementara itu didalam penyuluhan mahasiswa menjelaskan kepada Warga Binaan Perempuan perihal Seks bebas tanpa penggunaan alat kontrasepsi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dan bahkan mempengaruhi kehidupan seseorang secara signifikan.

“Meskipun seks bebas seringkali terlihat sebagai pilihan yang menarik, tanpa penggunaan alat kontrasepsi, resiko kehamilan yang tidak diinginkan, penyakit menular seksual, dan masalah lainnya dapat terjadi,” kata Atiek.

Lebih lnjut dipaparkan, 1. Kehamilan Tidak Diinginkan, Kehamilan yang tidak diinginkan adalah salah satu bahaya utama dari seks bebas tanpa alat kontrasepsi.

Menurutnya, meskipun metode “keluar” dan metode kalender sering digunakan sebagai metode kontrasepsi alternatif, tetapi keduanya tidak efektif dan rentan terhadap kesalahan.

Kehamilan yang tidak diinginkan dapat menyebabkan masalah emosional dan finansial yang besar bagi individu dan keluarga mereka. [Red/Doc:B85&Dv/Pm

3 2. Penyakit Menular Seksual Seks bebas tanpa penggunaan alat kontrasepsi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit menular seksual (PMS). Beberapa penyakit menular seksual yang paling umum termasuk Klamidia, Gonore, dan HIV.

Baca Juga  Tumbuhkan Semangat Kebersamaan, Lapas Cirebon Gelar FMD

3. Masalah Kesehatan Reproduksi Seks bebas tanpa penggunaan alat kontrasepsi dapat menyebabkan masalah kesehatan reproduksi, seperti infeksi pada saluran reproduksi, kista Ovarium, dan kanker serviks.

Ketika tidak menggunakan alat kontrasepsi, risiko masalah kesehatan reproduksi akan meningkat.

“Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menggunakan alat kontrasepsi yang tepat saat melakukan hubungan seksual,” pungkasnya.  (Cepy) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *