Puluhan Wartawan Kota Cirebon Ikuti Character Building Jurnalis Sigap Bencana

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Tegal – Walikota Kota Cirebon, H Nashrudin Azis berharap Jurnalis Kota Cirebon dapat memberikan sumbangsih pemikirannya dalam penanganan bencana. Hal tersebut disampaikan saat menjadi pemateri dalam kegiatan Character Building Jurnalis Sigap Bencana di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal, Kamis (25/5/23).

“Jurnalis diharapkan bisa menciptakan kesiapsiagaan. Maka dari itu, Kami dari Pemerintah Daerah berharap peran serta dan pikirannya dalam penngaan bencana di Koya Cirebon,” kata Azis .

Harapannya, mental para peserta dapat terbentuk dengan kuat dan terbiasa, sehingga lebih rilek saat menghadapi bencana,” katanya Rabu (24/5/2023).

Sementara itu, sedikitnya 58 Jurnalis dari berbagai media yang bertugas di Kota Cirebon mengikuti kegiatan Charakter building yang diinisiasi DKIS Kota citebon bersama BPBD Kota Cirebon.

Kegiatan tersebut digelar di kawasan obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal dari tanggal 24 hingga 27 Mei 2023

Untuk diketahui, Pada kegiatan hari pertama, para peserta Charakter Building yang dibuka Walikota Cirebon tersebut diisi dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan melakukan perjalanan menyusuri hutan atau disebut malam keakraban atau Jurit malam. Peserta dibagi 4 kelompok, menempuh perjalanan medan terjal, menanjak dan menurun.

Walikota menyampaikan kegiatan jurit malam dalam rangka melatih mental, melatih kesabaran dan melatih kekompakan setiap regu/kelompok.

Sementara untuk giat pada hari ke 2 diawali senam bersama, lomba masak, Dan dilanjutkan pemberian materi Kebencanaan, Bantuan Hidup Dasar (BHD), Resusitasi Jantung Paru-paru RJP, pertolongan pertama pada orang yang dipatuk ular dan cara penyelamatan orang tenggelam.

“Jurnalis diharapkan bisa menciptakan kesiapsiagaan. Harapannya, mental para peserta dapat terbentuk dengan kuat dan terbiasa, sehingga lebih rilek saat menghadapi bencana,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Tampil Memukau Saat Latgab, Tim Pramuka WBP Rutan Cirebon Curi Perhatian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *