Konci Rianty Peduli Pelestarian Seni Musik Islami Hadrah

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Penguatan karakter pada era keterbukaan harus terbentengi dengan baik. Terlebih, ditengah gempuran informasi global. Maka dari itu, upaya pelestarian seni budaya bersifat religi sangat diperlukan. Seperti halnya, pelestarian musik Hadrah atau Rebana.


Hal tersebut disampaikan Rinna Suryanti, ST., usai menghadiri acara silaturahmi komunitas Konci Rianty bersama warga di RW 12, Bedeng Baru, Pekalipan, Kota Cirebon, Minggu (11/6/23).

“Pelestarian seni musik bernuansa Islami Hadrah ini salah satu upaya membentengi diri dan sebuah solusi ditengah gempuran budaya asing, khususnya, bagi kaum millenial,” kata Rinna yang akrab disapa Teh Rinna ini.

Lebih lanjut dikatakan, dalam musik Hadrah, tidak saja sekedar memainkan alat musik berupa rebana. Akan tetapi, didalamnya terkandung semangat syiar Islam.

“Selain itu, dalam Hadrah tersebut kita melafalkan ayat-ayat suci Al-Quran. Tentunya, ini sangat positif bagi keseimbangan antara jasmani rohani kaum millenial khususnya di RW 05 Bedeng Baru ini,” jelas Rinna yang juga Bacaleg PKB Kota Cirebon.

Sementara itu, jalannya acara silaturahmi berlangsung dalam suasana keakraban. Ratusan warga setempat berinteraksi dan berdialog langsung dengan Owner Konci Rianty.

Dihadapan Rinna Suryanti, berbagai hal terkait kegiatan keseharian diutarakan beberapa warga. Dede (23) salah satu pemuda setempat misalnya, dirinya bersama karang taruna setempat mengutarakan aktifitas berolahraga. Selain itu, kader Posyandu yang menyampaikan seputar kegiatan penanganan kesehatan balita, dan dialog tentang persoalan lainnya.

“Alhamdulillah, kami disini dapat diterima sebagai keluarga. Semoga ini suatu bekal kita bersama dalam mewujudkan kesejahteraan warga,” harapnya.

Sebagai dukungan dalam pelestarian seni musik Hadrah yang dimainkan kaum millenial, secara simbolis, Rinna Suryanti menyerahkan bantuan seperangkat alat musik rebana yang diterima Aris langsung Aris Hidayat, pimpinan grup Hadrah Al-Hidayah Bedeng Baru.

Baca Juga  Silaturahmi Bareng Warga Cucimanah, Kehadiran Komunitas Konci Rianty Disambut Antusias

Atas penyerahan bantuan tersebut, pihaknya mengapresiasi Komunitas Konci Rianty yang telah peduli terhadap pelestarian seni musik Hadrah.

“Tentunya bantuan ini merupakan suntikan motivasi dalam melestarikan, menjaga dan merawat musik nuansa Islami Hadrah di kampung kami ini,” pungkasnya. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *