Ramah Kaum Rentan, Lapas Cirebon Terus Tingkatkan Sarpras

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cirebon terus meningkatkan sarana prasana, salah satunya dengan melakukan pembangunan jalur khusus bagi kelompok rentan atau kaum disabilitas di area kantor Lapas setempat, Jl. Kesambi Raya, Kota Cirebon.

Kepala Lapas Kelas 1 Cirebon, Kadiyono menyampaikan, pembangunan jalan tersebut merupakan program pihaknya dalam rangka meningkatkan pelayanan khususnya bagi kaum rentan.

“Jadi yang sedang kita buat ini adalah peningkatan sarana prasarana atau bagian dari fasilitas atau sarana Lapas ramah kelompok rentan,” kata Kadiyono.

Lebih lanjut dikatakan, beberapa titik jalur landai dengan kemiringan 6 derajat dan lebar 120 Cm dibangun pihaknya dengan masa pengerjaan selama satu Minggu.

“Jadi sarpras yang sudah ada ini
kita sesuaikan standarnya dengan aturan yang dikeluarkan oleh Menpan RB,” ujarnya.

Selain itu, pembangunan sarpras tersebut merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap kelompok rentan.

“Termasuk di depan sana juga ada, bahwa tinggi untuk meja pelayanan itu maksimal 80 cm sudah kita buatkan dan sekali lagi, ini wujud peningkatan pelayanan khususnya kepada kelompok rentan,” tandasnya.

Kenapa seperti itu, masih kata Kadiyono, karena di Lapas, pihaknya tidak diskriminasi dan tidak membeda-bedakan orang yang kelompok rentan.

Maka dari itu, pihaknya membuat jalur yang memenuhi standar pelayanan untuk kaum rentan tersebut.

Kadiyono berharap, pengguna layanan khususnya kelompok rentan mendapatkan kenyamanan dalam melaksanakan kegiatan di Lapas.

“Apakah itu kunjungan, anjang sana dan lain sebagainya. Jadi tidak ada faktor yang membedakan dan menyulitkan buat rekan-rekan yang masuk dalam masuk kategori kelompok rentan tersebut,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Kisruh Pengangkatan Dewan Kelungguhan, Raden Udin Kaenudin : Pengangkatan Harus Berdasarkan Musyawarah Keluarga Keraton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *