Jam’iyah Manakib “Nurul Ikhwan” Kalikoa Rutin Gelar Ziarah Religi

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Tuban – Jam’iyah Manakib/Rottibul Haddad ‘Nurul Ikhwan’ Desa Kalikoa  Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon untuk ketiga kalinya menggelar ziarah religi  dengan mengunjungi makam para Wali di tatar tanah Jawa. Hal tersebut disampaikan Ustad Supriyanto, Wakil Ketua Jam’iyah Manakib/Rottibul Haddad Ikhwan di makam  Maulana Ibrahim Asmoro Qondi ayahnya Sunan Ampel di Tuban, Jawa Timur, Sabtu (5/8/23).

 

“Kegiatan ziarah religi ini merupakan agenda kami pada setiap tahunnya dan ini memasuki tahun ketiga,” kata Ustad Supriyanto didampingi Jaki, Bendahara Jam’iyah Manakib Ikhwan.

Adapun tujuan perjalanan ziarah religi tersebut, lanjut Ustad Supriyanto, selain tabarrukan (mengharapkan keberkahan), ikroman (memuliakan) dan ta’dhiman (mengagungkan) para wali yang telah menyebarkan agama Islam juga sebagai alternatif dalam menghindari kejenuhan para jamaahnya.

Disebutkannya, kegiatan ziarah berlangsung selama 3 hari dengan lokasi kunjungan atau ziarah, diantaranya, Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga, Maulana Ibrahim yaitu ayahanda dari Sunan Ampel.

“Setelah ini perjalanan kita lanjutkan ke makam Sunan Bonang di Lamongan, Kyai Haji Hasyim Ashari atau di makamnya presiden yang ke-5 jadi dan terakhir di Semarang.

Untuk diketahui, kegiatan rutinan setiap bulan dari Jam’iyah Manakib dilaksanakan setiap malam 11 dan pada malam ke-25 tanggal 25 pihaknya menggelar acara dzikir secara rutin pada setiap bulannya.

“Sejarah mengenai berdirinya Jam’iyah Manakib, didirikan oleh guru kami Haji Sulaeman tepatnya pada tahun 2019 lalu sepulang beliau dari beribadah haji, dengan isi kegiatannya yakni, Manakib atau Rottibul Haddad,” tuturnya.

Khusus untuk kegiatan ziarah religi, pihaknyapun membuka diri bagi masyarakat umum untuk mengikuti agenda tahunan yang digelar pihaknya.

“Mudah-mudahan dengan adanya ziarah kami lebih termotivasi dala hal ibadah juga dengan cara ini kita selalu diberikan Allah melalui wasilah dari beliau-beliau para wali,” harapnya. (Cepy)

Baca Juga  Kakanwil Kemenkumham Jabar Laksanakan Bakti Sosial Pengentasan Stunting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *