Puluhan Penari Topeng Unjuk Kemampuan, Perebutkan Piala Ono Surono

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Puluhan peserta beradu kepiawaian gerak tari dalam lomba tari topeng Samba piala Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono di pendopo Bupati Cirebon, Dawuan, Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Minggu (20/8/23).

Adi Kardila, Panita lomba tari Samba mengatakan, lomba tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

“Bertema meningkatkan pelestarian seni dan budaya pada generasi milenial. Dengan lomba menyasar kalangan milenial ini  agar seni budaya ini jangan sampai tergerus oleh budaya asing,” kata Adi.

Disampaikannya, sebagai generasi muda, harus  menjaga melestarikan dan mengembangkan seni tari topeng tersebut.

Lomba tersebut, lanjutnya, diikuti  100 peserta. Terbagi dala kategori SD, SMP dan SMA.

” Peserta dari tingkat SD 60 orang, SMP ada 20 kemudian SMA ada 20 orang,” sebutnya.

Jenis tari topeng Samba bercirikan kostum berwarna kuning. Adapun hadiah yang diperebutkan, peserta berprestasi akan mendapat piala juga uang pembinaan.

“Harapan dengan adanya lomba,  anak-anak  semakin bersemangat, aktif dan makin mencintai dalam belajar seni tari” harapnya.

Sementara itu, Keisha Seftiyana Putri Sukmana, salah satu peserta kategori SD mengaku senang bisa mengikuti lomba tersebut, dirinya berharap bisa terus mengasah kemampuan menarinya melalui lomba.

“Semoga dengan ikut lomba kemampuan saya akan lebih terasah juga menambah pengalaman,” ungkapnya. (Cepy)

Baca Juga  Jaga Nilai Aset, Rupbasan Cirebon Dampingi KPK Tinjau Bukti Sitaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *