Ratusan Wisudawan Poltekkes Tasikmalaya Kampus Cirebon Ikuti angkat Sumpah dan Pelantikan Lulusan

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Politeknik Kesehatan Tasikmalaya (Polkestama) kampus Cirebon melaksanakan sidang terbuka  dalam rangka wisuda  angkat sumpah dan  pelantikan lulusan program diploma Politeknik Kesehatan Tasikmalaya  tahun akademik 2022/2023 di Ballroom Apita Hotel, Jl. Tuparev, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (21/9/23).

“Polkestama merupakan Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan yang menyelenggarakan program diploma lll, program sarjana terapan dan pendidikan profesi saat ini mencakup 6 jurusan dan 15 program studi,” kata Hj  Ani Radiati, R, S.Pd., M.Kes.

Adapun capaian kinerja Polkestama pada tahun 2022, diantaranya, bidang pendidikan serta bidang penelitian.

“Dimana setiap dosen Polkestama rata rata melaksanakan satu sampai dua penelitian setiap tahunnya. Bahkan, banyak penelitian dosen yang berhasil lolos memperoleh dana dengan skema bersaing lengkap dengan kesiapan tertinggi,” ungkapnya

Selain itu, program pengabdian kepada masyarakat terus digulirkan, seperti, peduli bencana, gerakan masyarakat sehat, mendukung penurunan angka Stunting dan program kepedulian lainnya.

“Seluruh program studi Polkestama, sudah terakreditasi B oleh BAN PT, diantaranya 5 program mendapat nilai unggul,” jelasnya.

Polkestama mendapat kualifikasi satu dari 38 Poltekkes yang ada di Indonesia dan pada tanggal 15 Mei 2019 Polkestama ditetapkan sebagai satker Badan Layanan Umum (BLU).

Lebih lanjut, Polkestama memiliki dosen berprestasi tingkat Nasional, selain itu, mahasiswa juga berperan aktif dan berhasil menjuarai berbagi kompetisi, baik daerah maupun nasional yang setiap tahunnya meningkat, baik keikutsertaan mahasiswa maupun jenis prestasinya.

Saat ini, Polkestama memiliki jumlah mahasiswa 2022/2023 3.054 orang, jumlah tersebut terdiri dari mahasiswa kampus Tasikmalaya 2.120 orang dan yang berkuliah di kampus Cirebon sebanyak 932 orang.

“Jumlah lulusan tahun akademik 2022/2023 semuanya berjumlah 855 orang dari berbagai program di kampus Tasikmalaya dan Cirebon,” sebutnya.

Baca Juga  Pastikan Jalur Mudik Aman, Polres Cirebon Kota Cek Jalur

Sementara itu, Nina Susana Dewi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jabar melalui Titis Wigiati, Kasie SMK Dinkes Provinsi Jabar menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan apresiasi kepada Polkestama atas presentase kelulusan mencapai 100 persen.

“Penghargaan dan ucapan selamat karena atas ketekunan, keuletan, telah berhasil menempuh program studi di bidang kesehatan, tingkat kelulusan 100 persen merupakan sebuah kebanggan buat kami,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, para wisudawan dapat mendukung peningkatan layanan kesehatan di Provinsi Jabar.

“Hari ini merupakan awal pengabdian dari para wisudawan, semoga menjadi tenaga kesehatan yang memiliki integritas yang baik dalam berkiprah dan pengabdian kepada masyarakat,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, dr. Siti Maria Siti Listiawaty, Kadinkes Kota Cirebon menyampaikan beberapa poin pesan sebagai bekal para wisudawan, diantaranya, mengingatkan para wisudawan untuk berpegang teguh nilai-nilai Agama dan kebangsaan, kuasai isi domestik dan isu global, pahami teknologi dan Digitalisasi serta dampaknya.

“Jadikan kemajuan teknologi sebagai solusi, baik permasalahan di masyarakat maupun dalam pekerjaan,” ucapnya.

Poin lainya, masih kata Kadinkes, lewati pembelajaran dan tempaan dengan sungguh-sungguh dan tak kenal lelah,

Ditambahkannya, Pemkot Cirebon bersungguh sungguh melakukan upaya dalam pengembangan SDM sebagaimana yang tertuang dalam visi misi Kota Cirebon.

“Peran wisudawan untuk terlibat dan peran serta aktif dalam pembangunan sangat dibutuhkan dan sangat kami nantikan,” tandasnya.

Acara wisuda tampak dihadiri, Direktur Jenderal tenaga kesehatan Kemenkes RI, Direktur Tenaga Penyedia Kesehatan, Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan, Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan RI, Wakil Walikota Kadinkes Prov jabar, Kadinkes kota Cirebon, para direktur RS di wilayah Cirebon, pimpinan Pendidikan Kesehatan Tinggi Jabar, ketua ILUNI Polkestama, seluruh Civitas akademika Polkestama dan tamu undangan lainnya. (Cepy)

Baca Juga  Polres Cirebon Kota Gelar Syukuran HUT Lalulintas Bhayangkara Ke-69

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *