Rupbasan Cirebon Goes To Campus Diikuti Antusias Ratusan Mahasiswa Baru FH UGJ

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Dalam rangka sosialisasi pengenalan Hukum, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Cirebon Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melaksanakan kegiatan Rupbasan Goes To Campus.

Dengan diisi materi tentang Hukum, kegiatan tersebut diikuti seluruh  Mahasiswa Baru Fakultas Hukum Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon di Aula Detasemen Zeni Bangunan 3/III Cirebon, Jl. Karang Jalak, Sunyaragi, Kota Cirebon, belum lama ini.

“Kegiatan Rupbasan Goes To Campus ini merupakan  hasil dari implementasi sinergitas yang baik antara Rupbasan Cirebon dengan Kampus Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon,” kata Fajar Nurcahyono Asyiffa, Karupbasan Kelas 1 Cirebon melalui Daniel Charles, Kasub Pengamanan dan Pengelolaan.

Lebih lanjut disampaikan, dihadapan ribuan mahasiswa, dirinya memaparkan materi pengenalan hukum serta sosialisasi terkait Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Rupbasan.

“Rupbasan merupakan satu-satunya lembaga yang mempunyai wewenang untuk melakukan penyimpanan dan pengelolaan barang rampasan dan benda sitaan negara sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP Pasal 44 a,” paparnya.

Maka dari itu lanjut Daniel, pihaknya melaksanakan tugas dan bertanggung jawab untuk melaksanakan penyimpanan, pemeliharaan,  pengadminitrasian.

“Serta pengamanan aset benda sitaan negara dan barang rampasan negara,” jelasnya.

Sementara itu, Ari Siswoyo, Kasub Administrasi dan Pemeliharaan menambahkan,  secara teknis Rupbasan merupakan salah satu instansi yang berada dibawah naungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

salah satunya menanyakan mengenai salah satu kondisi benda sitaan apabila mengalami kerusakan atau penurunan kualitas benda sitaan apa yang Rupbasan Cirebon lakukan.

“Rupbasan Cirebon selalu menjalankan SOP penuh terhadap benda sitaan yang dititipkan pada kantor Rupbasan sehingga benda sitaan tersebut selalu terawat dan dalam kondisi prima,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Diisi Ceramah Abah Nurul Qomar, Ratusan Warga Babakan Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *