Lulusannya Diburu Perusahaan Ternama, Ratusan Siswa SMKN 2 Kota Cirebon Ikuti Kegiatan PKL

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Ratusan siswa kelas Xll SMK Negeri 2 Kota Cirebon kini tengah melaksanakan program Praktek Kerja Lapangan (PKL). Hal tersebut disampaikan Yayat Hidayat, S.Pd, M.M.Pd., melalui Euis Nurlaelah SP.d., Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kehumasan, SMKN 2 Kota Cirebon, Senin (23/10/23).

“Pelaksanaan PKL dimulai bulan Oktober dan akan berakhir pada bulan Maret 2024 mendatang,” kata Euis usai melaksanakan kegiatan di SMKN setempat, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Kita Cirebon.

Euis menyebutkan, sedikitnya 490 siswa yang berasal dari 5 program keahlian, diantaranya, Perhotelan, Kuliner, Akuntansi, Busana dan Kecantikan kini tersebar di ratusan perusahaan di wilayah Ciayumajakuning bahkan di luar Provinsi Jabar.

“Mereka mempraktekan langsung ilmu yang diperoleh di bangku Sekolah di ratusan perusahaan industri tersebut sesuai bidang serta keahlian masing-masing,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut merujuk pada Permendikbud no. 20 tahun 2020. Dimana peserta didik mengembangkan budaya karakter dan budaya kerja serta meningkatkan kompetensi.

“Sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri saat ini,” tandasnya

Lebih lanjut dijelaskan, PKL merupakan program wajib dilaksanakan oleh para peserta didik selama satu semester atau 6 bulan.

“Ketentuan tersebut mulai berlaku tahun ajaran ini,” ujarnya.

Euis pun berharap, peserta PKL dapat menjalani kegiatan tersebut dengan baik, sehingga menjadi SDM unggul dan segala ilmu yang didapat selama Praktek di lapangan menjadi sebuah bekal berharga di masa yang akan datang.

“Selain itu Harapan kami, mereka dapat menambah ilmu pengetahuan dan mempraktekkan secara langsung di dunia industri,” pungkasnya. (Cepy)

 

Baca Juga  Isi Rangkaian HBP Ke-59, Rutan Kelas 1 Cirebon Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Ismail Saleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *