Disaksikan Stafsus Presiden, SMPN 7 Kota Cirebon Terima Bantuan CSR Panel Listrik Tenaga Surya dari Pertamina

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –  Memiliki komitmen kuat dalam menjaga wawasan lingkungan hidup dan telah terbukti menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan, SMP Negeri 7 Kota Cirebon menjadi salah satu Sekolah di Indonesia yang mendapat perhatian perhatian dari Pertamina. Hal tersebut disyukuri Dra Hj Euis Sulastri M.Pd, Kepala SMP Negeri 7 Kota Cirebon sesaat sebelum menerima bantuan CSR dari Pertamina di Sekolah setempat, Jl. Ciremai Raya, Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (16/11/23).

“Alhamdulillah kami dianugerahi 6 panel tenaga energi Surya untuk membantu menjaga lingkungan di sekolah kami,” kata Euis.

Seremonial diawali dari penyerahan satu panel Surya dari pihak Pertamina kepada pihak SMPN 7 dan disaksikan Staf khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar, Kepala DLH Kota Cirebon dan Kadisdik Kota Cirebon.

Dengan bantuan tersebut, pihaknya tidak sepenuhnya mengandalkan listrik dan dapat dari PLN dan dapat menghemat energi listrik.

“Dengan adanya panel Surya ramah linkungan ini Insya Allah kebutuhan sekolah akan tertangani dengan menekan penggunaan listrik sebesar 30 persen,” ujarnya.

Dalam kehadirannya, energi ramah lingkungan tersebut menjadi sebuah bahan edukasi bagi peserta didiknya.

“Kebetulan SMPN 7 sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat nasional dan juga sekolah Green School rangking nasional kedua. Jadi, siswanya juga harus peduli tentang kondisi lingkungan hidup,” tandasnya.

Euis menambahkan, SMPN 7 Kota Cirebon merupakan sekolah Adiwiyata dimana menerapkan kegiatan berwawasan lingkungan peduli terhadap lingkungan, menurutnya kondisi tersebut akan terus terpelihara, terus berkembang dan lebih baik lagi.

Diceritakan Euis, diawali pada tahun 2020 dengan pemberian predikat sebagai Sekolah indah di taman sehati dari Plt Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati.

“Semangat tersebut menjadi dasar kami untuk menuju lebih baik dan bertekad untuk meraih juara Green School tingkat nasional tahun 2024,” ujarnya.

Baca Juga  Hadirkan Nuansa Berbeda, Ada UMKM dan Musik Difabel di Stasiun Cirebon

“Satu tahun berikutnya 2923 kami menerima anugrah sekolah Adiwiyata tingkat nasional,” sebutnya.

Kabar baiknya, masih kata Euis, pada tanggal 26 November mendatang, pihaknya mendapat undangan untuk menerima Sekolah Sehat dari Presiden RI dan Mendikbud.

Sementara itu, Pit. WaliKota Cirebon, Hj. Eti Herawati, membuka Kegiatan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Sekolah Energi Berdikari di SMPN 7 Kota Cirebon.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kota Cirebon, saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Parta Niaga atas pelaksanaan kegiatan ini. Ini merupakan aksi nyata yang dilakukan oleh Pertamina Parta Niaga untuk mempersiapkan generasi muda peduli lingkungan,” terang nya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya mengajak untuk mendukung pemerintah dalam menangani perubahan iklim di Indonesia.

“Mari kita wujudkan Sekolah Adiwiyata sebagai sekolah peduli lingkungan melalui berbagai upaya, seperti penanaman pohon, pemanfaatan sampah menjadi barang bernilai jual, dan pembelajaran pemanfaatan energi bersih untuk inovasi lingkungan di sekolah,” pungkasnya.  (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *