Peragaan Manasik Haji, Cara Disdik Kota Cirebon Ciptakan Generasi Taqwa

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon melalui Bidang Pengelolaan PAUD PNF dan Kesetaraan bekerja sama dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kota Cirebon menggelar kegiatan Peragaan Manasik Haji bagi PAUD di halaman Kantor Disdik, Jl. Brigjen Dharsono (By Pass), Kota Cirebon, Sabtu (16/12/23) pagi.

 

Bertema “Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini”, kegiatan tersebut dibuka oleh Hj. NR Madyawati, selaku Bunda PAUD yang juga ketua DWP kota Cirebon.

Dikenalkan sejak dini tentang tata cara melaksanakan ibadah haji, Bunda Paud mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat bagi anak-anak, dimana dikenalkan dan mempraktekkan langsung tata cara ibadah rukun Islam ke-5,” kata Madyawati yang juga sebagai istri PJ Walikota Cirebon, H Agus Mulyadi.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, untuk mendidik anak anak menjadi mandiri dan juga bisa mengenal agama dengan baik.

“Berharap anak-anak bisa mengenal agama, berakhlak baik, dapat mengenal sejak dini bahwa kegiatan ini tumbuh didalam diri anak-anak. Sehingga menjadi anak yang sholeh dan sholehah,” harapnya.

Sementara itu, Kadini, Kadisdik Kota Cirebon memaparkan pentingnya simulasi ibadah haji diperkenalkan sejak dini. Karena, diusia emas ini, anak mudah mengingat dan menyerap pelajaran yang disampaikan termasuk tata cara peragaan ibadah haji.

Seperti diketahui, sambungnya, tujuan peragaan Manasik haji dapat membantu anak didik dalam memahami ibadah haji, melakukan pembelajaran nilai-nilai Agama sejak dini juga  melatih disiplin anak-anak.

“Dengan mengikuti kegiatan ini dapat mendatangkan kesan dalam diri anak. Semoga kita semua dapat menjadi  orang tua  yang bisa membimbing anak-anaknya agar dapat tetap menjalankan  kewajiban sebagai seorang Muslim,” tandasnya.

Baca Juga  Tingkatkan Pengetahuan, Babinsa Kodim 0614/Kota Cirebon Ikuti Literasi Digital

 

Pada kesempatan yang sama, Ida Kurniasih, Kabid Paud PNF dan kesetaraan menyebutkan kegiatan tersebut diikuti oleh 500 peserta didik PAUD se-kota Cirebon.

Sebagai salah satu media dalam mengenalkan anak-anak khususnya kaum Muslimin tentang rukun Islam kelima dan menanamkan nilai-nilai keagamaan. Dalam pelaksanaan kegiatannya, ratusan anak-anak PAUD tersebut mempraktekkan langsung rangkaian ibadah haji,  diantaranya, ihram, wukuf, menuju Masjidil Haram, Lempar Jumrah, Tawaf, Sa’i dan Tahallul. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *