Warga Binaan Lapas Cirebon Antusias Ikuti Pesantren Ramadhan

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cirebon antusias mengikuti program Ramadhan 1445 H/ 2024 M.

Yan Rusmanto, Kepala Lapas Jelas 1 Cirebon menyampaikan, bertempat di Masjid At-Taubah, Komplek Lapas setempat, Jl. Kesambi Raya, Kota Cirebon beragam kegiatan tentang pendalaman Agama Islam digelar.

“Selain kegiatan rutin ada kegiatan yang istimewa di bulan ini,” kata Yan Rusmanto, Kepala Lapas Kelas 1 Cirebon saat meninjau pelaksanaan pesantren kilat di Lapas setempat, Jum’at (22/3/24).

Kegiatan keagamaan secara rutin dilakukan Warga binaan pada hari biasa, akan tetapi, terdapat tambahan materi sepanjang bulan suci Ramadhan ini.

Kegiatan tersebut diantaranya, shalat berjamaah, salat duha, pesantren kilat, tadarus Al-Qur’an dan kegiatan lainnya.

“Program pembiasaan para WBP satu jam sebelum maghrib kita ada sholawatan sampai waktu maghrib,” sebutnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama yang diikuti WBP dan petugas Lapas secara bersama di Masjid Lapas setempat dan sholat Maghrib berjamaah.

“Kemudian setelah itu sampai dengan salat isya mereka melakukan kegiatan mandiri,” ungkapnya.

Ia menambahkan,  usai sholat isya berjamaah kegiatan dilanjutkan dengan sholat taraweh Dan tadarus Al-Qur’an.

Pada kegiatan malam hari, menurutnya tidak semua WBP mengikuti kegiatan tersebut

“Terbatas dilakukan secara bergiliran, karena dengan pertimbangan, petugas yang telah batas dan kegiatan dilakukan pada malam hari,” jelasnya.

Meski demikian, ada beberapa WBP mengikuti kegiatan pesantren kilat tersebut selama satu bulan penuh.

“Mereka yang ditunjuk berdasarkan sidang tim pengamat Pemasyarakatan terdapat 52 orang dengan kriteria yang memungkinkan. Sehingga mereka ditunjuk untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut,” ucapnya.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, merupakan bagian indikator penilaian terhadap warga binaan.

Baca Juga  Kehadiran ASN Kadisbudpar Kota Cirebon Pasca Libur 100%, Kadisbudpar : Lestarikan Budaya Melalui Program "Kemis Nyerbon"

Sementara itu salah satu WBP, Egar Kumara (25) mengaku dirinya tertarik dan antusias mengikuti kegiatan yang digelar Lapas Cirebon tersebut. Ia mengaku momentum bulan suci Ramadhan sangat ditunggu dan menjadi momen perbaikan diri sendiri.

“Terima kasih kepada pihak Lapas yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, disini kami mendapatkan kesempatan mendapatkan serta mendalami ilmu agama Islam, seperti tadarusan Al-Qur’an dan lainnya,” ungkapnya. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *