Peduli Anak Yatim, Keraton Kasepuhan Berikan Santunan dan Buka Puasa Bersama

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Keraton Kasepuhan Cirebon kembali menggelar acara buka bersama (bukber) sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim piatu di belakang keraton bangsal Prabayaksa, Komplek Keraton Kasepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (29/3/24).

Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon, PR. Goemelar Soeriadiningrat, menyampaikan, acara tersebut telah menjadi bagian dari tradisi sejak tahun 2008 lalu.

“Ini merupakan wujud nyata dari semangat berbagi dan kepedulian terhadap sesama,” kata Patih Sepuh.

Sedikitnya 100 orang perwakilan dari RW 1 sampai RW 6 di Kelurahan Kasepuhan mengikuti acara tersebut.

Lebih lanjut, Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon, PR. Goemelar Soeriadiningrat, menyampaikan pentingnya menjaga tradisi dan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para leluhur.

“Termasuk pesan dari Gusti Sinuhun Sunan Gunung Jati tentang pentingnya menolong fakir miskin,” paparnya.

Selain bukber, Keraton Kasepuhan juga menggelar berbagai kegiatan spiritual lainnya selama bulan Ramadan, seperti tadarusan, malam ganjil, dan malam Nuzulul Quran. Tak lupa, khataman Al-Quran juga dilakukan untuk memperkuat spiritualitas umat.

Menjelang Lebaran dan pasca Pemilu, Patih Sepuh juga menyampaikan pesan perdamaian dan persatuan kepada masyarakat Kota Cirebon. Dia menekankan pentingnya menjaga silaturahmi dan meredakan ketegangan pasca-Pemilu demi keutuhan bangsa.

Patih Sepuh berharap hasil Pemilu akan membawa keputusan terbaik bagi Indonesia.

“Dengan semangat berbagi dan kebersamaan, Keraton Kasepuhan Cirebon terus menjaga tradisi mulia ini sebagai bagian dari kontribusi mereka dalam memperkuat nilai-nilai kemanusiaan dan keharmonisan sosial,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Sinergitas TNI-Polri di Kota Cirebon, Bagikan Ratusan Paket Sembako

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *