Jelang Akhir Ramadhan, Simak Himbauan Kemenag Kota Cirebon

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Dalam menghadapi 10 hari terakhir bulan suci Ramadan, Kementerian Agama, pemuka agama terkemuka di Kota Cirebon, mengeluarkan himbauan kepada seluruh umat Islam. Himbauan ini memuat tiga poin utama yang mengajak umat Islam untuk meningkatkan kualitas ibadah serta menjaga keseimbangan konsumsi dan kewajiban zakat fitrah. Hal tersebut disampaikan Kepala Kemenag Kota Cirebon, Moh Khuailid usai rapat koordinasi Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) di kantor setempat, Jl. Terusan Pemuda, Kota Cirebon, Senin (1/4/24).

“Kementerian Agama menekankan pentingnya meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah di 10 hari terakhir Ramadan. Ia mengajak umat Islam untuk lebih mendalami makna ibadah dan memperbanyak amalan kebaikan sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT,” kata Moh Khuailid.

Ia menambahkan, dalam upaya menjaga keseimbangan konsumsi, kementerian Agama mengingatkan agar umat Islam di Kota Cirebon membatasi konsumsi yang berlebihan.

“Hal ini sebagai langkah untuk menghindari pemborosan dan menjaga kesederhanaan, sesuai dengan ajaran agama Islam,” ungkapnya.

Himbauan berikutnya, yaitu,  kementerian Agama menyoroti kewajiban umat Muslim untuk membayar zakat fitrah di akhir bulan Ramadan. Ia menegaskan pentingnya membayar zakat fitrah melalui lembaga resmi seperti Baznas Kota Cirebon atau lembaga yang telah mendapat izin resmi dari pemerintah.

“Dengan membayar zakat fitrah secara tepat, umat Islam dapat menjalankan kewajiban agamanya dengan baik dan membantu sesama yang membutuhkan,” paparnya.

Pihaknya  juga menekankan bahwa pembayaran zakat fitrah harus dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Hal ini sesuai dengan ketentuan agama yang telah jelas, di mana pembayaran zakat fitrah menjadi salah satu amalan penting yang dilakukan umat Islam dalam merayakan hari kemenangan.

“Dengan himbauan ini, kementerian Agama berharap agar umat Islam di Kota Cirebon dapat menjalani 10 hari terakhir Ramadan dengan penuh kesadaran akan kewajiban agamanya serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Waduh.... Pernikahan Anak di Kabupaten Cirebon Masih Tinggi, Ratusan Pernikahan Bahkan Tak Tercatat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *