Upaya Nyata DLH Kota Cirebon, Antisipasi Dampak Perubahan Iklim

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM Cirebon – Bertema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon berkomitmen dan terus berupaya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Hal tersebut dilakukan  sebagai tantangan dalam menghadapi perubahan iklim. Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, dr.Yuni Darti Sp, GK., saat acara penandatanganan kesepakatan bersama dan kerja bakti dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) se-dunia tahun 2024 di ex terminal Dukuh Semar, Kota Cirebon, Rabu (56/24) pagi.

“Sesuai dengan tema, kita berusaha melakukan kegiatan mitigasi untuk terhadap perubahan iklim,”  kata dr Yuni Darti.

Sehingga, dengan upaya mitigasi tersebut, lanjut dr Yuni,  pihaknya dapat   mencegah atas perubahan iklim tersebut khususnya  di kota Cirebon.

“Selain itu, upaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan RTH, kebersihan serta indeks lingkungan hidup yang lebih baik,” kata dr Yuni Darti didampingi Ketua Panitia HUT HLH sedunia tingkat Kota Cirebon, Rega Wardhana Putra dan pejabat lainnya.

Sedangkan terkait prinsip keadilan pada tema diatas, Yuni berharap semua individu dapat memiliki tanggung jawab, keinginan dan kemauan dalam upaya pelestarian alam,  menjaga kebersihan  dan membuat bumi ini lebih baik untuk generasi yang akan  datang.

“Kedepan kita sudah melakukan beberapa kegiatan  yang akan terus berkelanjutan, pertama dengan adanya pembinaan, terkait pengelolaan sampah, pembentukan kampung iklim, membentuk satgas kebersihan di tiap kelurahan  yang bertugas untuk menjaga wilayah masing masing,” jelasnya.

 

Untuk diketahui, beragam kegiatan digelar dalam rangka mengisi HLH sedunia tingkat Kota Cirebon, diantaranya,  Penandatanganan kesepakatan bersama dan kerja bakti, kegiatan pembinaan, diantaranya,  Adiwiyata, bank sampah serta proklim.

Tidak itu saja, acara lainnya, yakni,  penanaman mangrove 200 batang pohon di  wilayah Kebon baru, selanjutnya bebersih kawasan Bima berkolaborasi dengan ikatan pengurus OSIS se-kota Cirebon.

Baca Juga  Cirebon Jadi Tempat Kampanye Perdana Partai Demokrat, Fenti Kurnadi Apresiasi AHY
 

Selanjutnya,   penanaman pohon bertempat  ex TPA Grenjeng juga dilakukan serentak di seluruh Sekolah dan Instansi, bersih bersih Pantai dan masih banyak kegiatan lainnya.

“Untuk menciptakan lingkungan hidup bersih, sehat, rindang nyaman dan bebas polusi. Tentunya,  akan terwujud dengan didukung komitmen kita bersama seluruh pihak,” pungkasnya.  (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *