Lapas Cirebon Gelar Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – sebagai bagian dari implementasi bentuk ketaqwaan seorang muslim, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cirebon menggelar tradisi kurban, Senin (17/6/24).

Kepala Lapas Kelas I Cirebon, Yan Rusmanto, menyampaikan, bertepatan  tahun 1445 Hijriyah ini, Lapas Cirebon mendapat kesempatan untuk memotong 2  ekor sapi dan 8 ekor domba.

“Alhamdulillah, tahun ini kita mendapat kesempatan untuk memotong hewan kurban sebanyak dua ekor sapi dan delapan ekor domba. Dagingnya sebagian besar akan diberikan kepada warga binaan, dan sebagian lagi untuk masyarakat,” kata Yan Rusmanto.

Masih kata Kalapas, Idul Adha merupakan implementasi bentuk ketakwaan kita sebagai seorang muslim, dan di Lembaga Pemasyarakatan. “Ini adalah bagian dari pembinaan kepribadian bagi yang beragama Islam,” katanya.

Ia menambahkan bahwa beberapa hewan kurban, termasuk satu sapi dan beberapa domba, berasal dari sumbangan warga binaan sendiri. Hal ini menunjukkan keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan keagamaan dan pembinaan di Lapas.

“Selama ini, kami terus mengikuti kegiatan mereka dan hari ini kita bisa melihat hasilnya. Pagi tadi saat Salat Iduladha, kegembiraan mereka terlihat jelas, begitu juga pada malam takbiran sebelumnya,” terangnya.

Dengan dukungan dari Kementerian Agama, pondok pesantren, serta para pegawai Lapas, program pembinaan kepribadian khusus ini berjalan dengan baik.

“Kami akan terus memotivasi dan meningkatkan kerjasama dengan pihak eksternal untuk memaksimalkan kegiatan-kegiatan pembinaan yang sudah berjalan. Semoga ke depan, antusiasme dan partisipasi warga binaan dalam kegiatan keagamaan terus meningkat,” jelasnya.

Tradisi kurban di Lapas Kelas I Cirebon, menurutnya,  bukan hanya sebagai ritual keagamaan.

“Tetapi juga sebagai sarana pembinaan kepribadian yang penting bagi warga binaan dalam rangka memperkuat nilai-nilai spiritual dan sosial mereka,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Rutan Cirebon Berhasil Gagalkan Penyelundupan Obat-obatan Terlarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *