Momen Idul Adha 1445 Hijriah, Desa Pakapasan Hilir Pertahankan Budaya Islam dan Semangat Gotong

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Kuningan – Hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban dapat dimaknai sebagai ajang untuk berbagi kepada sesama umat manusia dan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagaimana yang diajarkan oleh nabi Ibrahim As.

Bertema “Mari Jadikan Idul Adha Menyambung Tali Silaturahmi, Melatih Kepekaan Empati, Menumbuhkan Jiwa Gotong Royong,” Pemdes Pakapasan Hilir, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan menggelar Sholat Idul Adha 1445 H /2024 M, pemotongan hewan Qurban serta mendistribusikan kepada masyarakat setempat, Senin (17/6/24).

Yaya Mulyadi, Kepala Desa Pakapasan Hilir menyebutkan, pada tahun ini sedikitnya terdapat hewan qurban berupa 6 ekor kambing.

“Dalam prosesi penyembelihan hewan qurban ini, di desa kami ada budaya Islam yang selalu dipertahankan,” kata Yaya Mulyadi didampingi Idik Juhaedik, Kasi Pelayanan Desa Pakapasan Hilir.

Adapun budaya Islam tersebut, lanjutnya, melaksanakan Tawasulan setelah Sholat Idul Adha yang dikuti panitia dan seluruh masyarakat desa setempat.

“Tawasulan merupakan salah satu cara umat Islam dalam berdoa kepada Allah SWT,” jelasnya.

Tawasul, masih kata Yaya, dilakukan dengan suatu wasilah atau segala sesuatu yang dapat dijadikan perantara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT agar doa dikabulkan.

Ia pun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada masyarakat yang telah berqurban dengan harapan niat baik tersebut dapat menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya.

“Pelaksanaan qurban ini merupakan suatu bukti keikhlasan yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim As dan kami juga mengapresiasi kepada panitia yang tetap mempertahankan budaya Islam (Tawasulan) sebelum penyembelihan hewan qurban,” ujarnya.

Sementara itu, Idik Juhaedik, Kasi Pelayanan Desa Pakapasan Hilir yang juga Ketua panitia mengarakan, penyembelihan hewan qurban bertempat di halaman balai desa Pakapasan Hilir.

Baca Juga  Komitmen OJK Cirebon Majukan UMKM, Dorong Kemajuan Produksi Emping Melinjo Karangtawang

Sebanyak 530 kantong plastik berisi daging qurban siap didistribusikan pihaknya kepada masyarakat setempat. Ia pun mengaku bangga karena masyarakat tampak antusias bergotong royong membantu proses pemotongan sekaligus pendistribusiannya.

“Alhamdulilah pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini berjalan lancar, terlihat juga masyarakat antusias , banyak yang membantu panita, gotong royong kompak lah pokokna,” ucapnya.

Pelaksanaan Idul adha, tambahnya, merupakan Moment bersejarah.dan mengandung pelajaran yang sangat baik bagi umat muslim maupun kehidupan sosial.

“Hatur Nuhun ka panitia, ka masyarakat yang sudah mensukseskan penyembelihan hewan qurban,” pungkasnya. (An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *