UGJ Cirebon Menuju Universitas Kelas Dunia, Jalin Kerjasama dengan University of Poitiers Prancis

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menerima kunjungan delegasi dari University of Poitiers (UoP) Prancis di kampus setempat, Jl. Pemuda, Kota Cirebon, Kamis (27/6/24).

Dalam kedatangannya disambut langsung Rektor UGJ  Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M.,Dr. Cita Dwi Rosita, S.Pd., M.Pd, Warek IV dan para Warek bidang lainnya.

 

Menurut Rektor Prof Ahmad Faqih, kunjungan tersebut dalam rangka menindaklanjuti kerjasama yang telah terjalin dan sebagai implementasi dari program Erasmus+.

Dengan jalinan kerjasama antara perguruan tinggi Uni Eropa dan Indonesia, salah satunya yang diwakili UGJ Cirebon,  lanjutnya, UGJ memantapkan diri mensejajarkan diri dengan universitas kelas dunia.

“Kerjasama ini berlangsung dari tahun 2019 hingga 2025 mendatang, dimana dari kerja sama ini sudah melahirkan seorang Doktor,” kata Prof Ahmad Faqih.

Selain itu, kerjasama diantara keduanya dengan pertukaran mahasiswa atau Student exchange. Dimana pada bulan Januari mendatang sedikitnya 4 mahasiswa UGJ siap diberangkatkan untuk menempuh ilmu di UoP Prancis.

“Program student exchange yang sebelumnya telah dilaksanakan akan kembali memberangkatkan 4 mahasiswa mulai bulan September sampai Oktober dan berlanjut sampai Januari 2025,” sebutnya.

Tak sampai disitu, upaya kolaborasi tersebut akan terus dikembangkan dengan fakultas lainnya, diantaranya, Fakultas pertanian dan Teknik.

“Kami akan mengkaji tentang perkembangan obat yang berbasis herbal yang ada di Indonesia kemudian akan diuji di lab Prancis,” ungkapnya.

Selain itu, sebagai implementasi dari program Erasmus, pihaknyapun akan mengembangkan dengan penelitian bersama diantara kedua universitas.

“Langkah ini perlu bagi para akademisi untuk membaca potensi diantar kedua negara. Karena tidak semua perguruan tinggi masuk dalam program Erasmus ini,” tandasnya.

Baca Juga  "Merdeka Championship" Ajang Pencarian Bakat Taekwondo se-Ciayumajakuning Siap Digelar

Ia pun berharap dengan kerjasama tersebut dapat menjadikan UGJ menuju universitas bermartabat menuju Word class university dan unggul.

Sementara itu pihak UoP melalui Prof Cristine lmbert, menyambut baik kerjasama tersebut, kedepan pihaknya akan mempersiapkan untuk kerjasama yang konkret diantara kedua universitas ini khususnya terkait pelaksanaan student exchange 4 mahasiswa Fakultas Kedokteran UGJ.

Dalam agenda kunjungannya, beragam kegiatan akan dilakukan, salah satunya pihak UoP akan mengunjungi Laboratorium yang ada di kampus UGJ dan kegiatan lainnya. (Cepy)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *