Festival Kuliner Jalur Rempah Sarumban, Kilas Balik Kejayan Jalur Perdagangan Cirebon

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Rangkaian Hari Jadi Cirebon ke-597 diisi dengan  Festival Kuliner Jalur Rempah Sarumban tahun 2024 di Cirebon Waterland. Acara dibuka PJ Sekda Kota Cirebon M Arief Kurniawan, Jumat (12/7/24).

Arief mengatakan, . Kegiatan ini adalah salah satu upaya nyata Pemerintah Kota Cirebon untuk terus menyebarluaskan narasi sejarah Cirebon melalui pelaksanaan ragam kegiatan kreatif.

Menurutnya . Sarumban adalah istilah yang menjadi asal usul nama Cirebon, yang berarti “bercampur baur” atau akulturasi. Nama ini tercatat dalam Carita Purwaka Caruban Nagari yang ditulis pada tahun 1720 oleh Pangeran Aria Cirebon.

Kemudian, Jalur Rempah adalah jalur perdagangan dan budaya dengan rempah-rempah sebagai komoditas utamanya. Pada abad pertengahan, Jalur Rempah menggantikan Jalur Sutra yang semakin sepi, dan menjadi jalur utama perdagangan dan budaya yang menghubungkan antar-suku dan bangsa.

Dalam sambutannya, Pj Sekda menyampaikan Pelabuhan Cirebon, pada paruh pertama abad ke-16 menjadi simpul keramaian perdagangan yang strategis dengan berbagai kapal besar.

“Dari sini, kita dapat melihat bahwa Cirebon, sejak dulu, sudah menjadi salah satu bandar niaga internasional yang menyalurkan komoditas rempah-rempah dari pedalaman Jawa Barat ke Eropa melalui Malaka,” ujarnya.

Pj Sekda berharap festival ini dapat menjadi ajang kreatif dan produktif dalam memperkenalkan sejarah kejayaan Cirebon pada masa lalu, kejayaan ekonomi, kejayaan kebudayaan, dan kejayaan kuliner.

“Cirebon punya khasanah budaya yang kaya dan unik, itu yang menjadi valuenya. Multikulturalisme juga beragam dan hidup berdampingan. Kita ingin menonjolkan potensi itu dan bisa disampaikan ke masyarakat,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Bakal Miliki Gedung Sendiri, Pembangunan Sekretariat PPNI Ditargetkan Rampung Maret

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *