Kemenag Kota Cirebon Launching Kampung Moderasi Beragama

0

oplus_0

Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon melaunching Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Taman Kebume, Kota Cirebon, Kamis (25/7/24).

Bertema “Sasarengan Mapag Paksi Naga Liman SomboBudaya Keragaman Nagari Caruban” Kegiatan tersebut bersamaan dengan pagelaran budaya dari berbagai agama danetnis yang ada di kota Cirebon.

“Paksi Naga Liman adalah simbol multi etnik, multi budaya, dan multi agama yang ada di Kota Cirebon,” kata Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Cirebon, Rizky Riyadu Taufik.

Selain itu, lanjutnya, merepresentasikan semua budaya dan agama yang ada di Kota Cirebon. Semua agama terlibat dalam acara hari ini, dengan menampilkan orasi dan juga berbagai tarian kesenian.

“Kegiatan ini terselenggara berkat gotong royong secara swadaya dari umat lintas agama, dan ini adalah bukti kebersamaan, kerukunan beragama, dan moderasi di Kota Cirebon,” jelasnya

Sementara itu, Sutikno, Asda Pemkesra mewakili PJ Walikota Cirebon mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menilai langkah Kemenag tersebut sangat tepat. Diaman secara utuh dapat memvisualisasikan program moderasi beragama.

“Langkah Kemenag dalam pembentukan Kampung Moderasi ini sangat tepat sekali untuk memvisualisasikan progam moderasi beragama, bertepatan dengan rangkaian ulang tahun Kota Cirebon ke-597 yang bertema ‘Cirebon Guyub’ kita dukung apa yg menjadi agenda budaya dr Kemenag untuk memperkuat harmoni dan kerukunan,” jelas Sutikno.

Pada kesempatan yang sama Pagelaran budaya ditampilkan, diantaranya, Penampilan tarling dari Islam, tari liong dari Buddha, tari pendet dari Hindu, gondang dan tor tor dari Kristen, tari profil Pancasila dari Katolik, tari Borneo Asmarandana, dan tari kreasi dari siswa madrasah menambah kemeriahan acara. Setiap tarian dan penampilan seni menjadi simbol keberagaman dan kebersamaan yang erat di Kota Cirebon.

Baca Juga  Perkuat Imunitas, ratusan Warga Binaan Rutan Kelas I Cirebon ikuti Senam Aerobik

 

Ratusan orang dari berbagai kalangan dan usia se-Kota Cirebon turut hadir memeriahkan acara ini. Mereka datang dengan semangat kebersamaan dan kerukunan, menunjukkan bahwa moderasi beragama adalah sesuatu yang nyata dan hidup di Kota Cirebon.

 

Kehadiran mereka menambah semarak acara dan menjadi bukti dukungan masyarakat terhadap inisiatif ini.

 

Peluncuran Kampung Moderasi Beragama ini tidak hanya menjadi tonggak penting bagi Kementerian Agama Kota Cirebon, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Cirebon.

“Ini adalah langkah menuju masyarakat yang lebih rukun, harmonis, dan moderat, dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan inisiatif ini dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia,” pungkasnya. (Cepy)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *