Launching STID dan Simon TKBM, Pelindo dan KSOP Cirebon Terus Lakukan Pembenahan

0

oplus_0

Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Cirebon bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon melaunching  penerapan Single Truck Identification Data (STID) dan Sistem Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TKBM) di salah satu Hotel di Jl Siliwangi Kota Cirebon, Jumat (27/7/24).

Regional Head 2 Pelindo, Drajat Sulistyo menyampaikan, SIMON TKBM dan STID tersebut sendiri merupakan salah satu program implementasi program Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS PK) yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Selain itu, merupakan salah satu program STRANAS PK untuk Pelabuhan yang bertujuan optimalisasi pelayanan operasional, meningkatkan transparansi dan memangkas birokrasi.

“STID di Pelabuhan Cirebon merupakan STID Non Petikemas pertama yang akan diimplementasikan di Indonesia. Kami merasa bangga karena Pelabuhan Cirebon dapat menjadi pioneer bagi pelabuhan non petikemas, hal ini akan menunjang kegiatan 24/7 di Pelabuhan yang aman, tertib dan efisien,” ucap Drajat.

Acara tersebut tampak dihadiri oleh Asosiasi dan pengguna jasa di Pelabuhan Cirebon, dengan beberapa pembicara di antaranya: Dirjen Perhubungan Laut, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi; Tenaga Ahli STRANAS PK, Febriyantoro; Kepala KSOP Kelas II Cirebon, Een Nuraini; Regional Head 2 Pelindo, Drajat Sulistyo.

Sementara itu, Hartanto, Direktur Perkapalan dan Keperlautan Kemenhub RI menandaskan, Pihaknya terus melakukan penataan terhadap performa kinerja dalam Nasional Logistik Ekosistem (NLE).

“Supaya tentu saja Cirebon berkontribusi dalam meningkatkan performa index logistik Indonesia yang tentu harus terus kita kejar supaya mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” tandasnya.

Launching tersebut, lanjutnya, merupakan yang pertama dan menjadi pilot project Kemenhub RI.

Pada kesempatan yang sama, Een Nuraini , Kepala KSOP Kelas ll Cirebon menambahkan, STID atau Single Truck Identification System merupakan program aplikasi sistem elektronik  pendataan untuk setiap truk yang beroperasi di Pelabuhan.

Baca Juga  Tinjau Pembangunan Rutilahu, Begini Reaksi PJ Walikota

“Tujuannya yakni menunjang kegiatan utilisasi truk di dalam area Pelabuhan dan optimalisasi kegiatan operasional,” jelasnya.

Sedangkan SIMON TKBM adalah aplikasi sistem elektronik perekaman data TKBM atau Tenaga Kerja Bongkar Muat di dalam wilayah Pelabuhan. SIMON TKBM bertujuan untuk optimalisasi dan digitalisasi fungsi pengawasaan TKBM.

“TKBM memiliki database digital yang tersentralisasi sehingga memudahkan fungsi pengawasan keluar-masuk TKBM di area Pelabuhan dan optimalisasi layanan,” ucap Een Nuraeni, KSOP Kelas II Cirebon dalam paparannya.

Dengan Launching STID dan SIMON TKBM ia berharap, performa pelayanan pelabuhan semakin bagus kedepannya.

“Baik aspek safety nya, semua ketertiban , tranparansi bisa dilaksanakan di pelabuhanCirebon,” harapnya. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *