Ragam Kegiatan Warnai Milad Relawan Penggiat Donor Cirebon Raya ke-3

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Relawan Penggiat Donor (RPD) Cirebon Raya menggelar tasyakuran Milad ke-3 dengan berbagai kegiatan di Kantor PMI Kota Cirebon, Minggu (4/8/24).

Rangakaian acara diisi  dengan donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, pijat refleksi gratis, serta penyerahan piagam ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah bersinergi dengan RPD.

Tegawati, Ketua Pelaksana Milad ke-3 RPD Cirebon Raya,  menyampaikan bahwa visi dan misi RPD tetap fokus pada kegiatan donor darah, yang kali ini diikuti oleh berbagai komunitas di kota dan kabupaten Cirebon.

“Alhamdulillah, banyak sekali yang tergabung hari ini. Selain itu, kami juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis dari Mahardika dan pijat refleksi gratis dari Pamali Laskar Macan Ali,” ujar Tegawati.

Tegawati juga menyebutkan bahwa RPD akan memberikan santunan kepada anak-anak yatim di beberapa tempat di kota dan kabupaten Cirebon.

“Kami estimasi mendapatkan sekitar 50 kantong darah, namun Alhamdulillah yang datang dan donor lebih dari itu,” tambahnya.

Sebanyak 25 komunitas serta pemerintahan desa atau kelurahan hadir dan menerima penghargaan dari RPD, termasuk komunitas yang rutin mengadakan donor darah.

Sementara itu, Ketua RPD Cirebon Raya, Abdurrohim, mengatakan bahwa pada Milad ketiga ini, RPD mengundang komunitas-komunitas yang merespons dengan baik.

“Alhamdulillah, pada milad ketiga ini kita bisa melibatkan teman-teman dari berbagai komunitas. Sebelumnya, kita mengadakan kegiatan ini di kabupaten, dan kali ini pertama kalinya di kota,” kata Abdurrohim.

Abdurrohim juga menyoroti prestasi RPD yang mendapatkan penghargaan dari PJ Walikota untuk kategori penggerak donor dan sumbangsih darah terbanyak untuk kategori event.

“Selama tiga tahun berturut-turut, kita juga mendapat penghargaan dari PMI dan pemerintah kota dan kabupaten Cirebon yang menunjukkan konsistensi kita,” ujarnya.

Baca Juga  Dilintasi Wapres Ma'ruf Amin, Polsek Seltim Amankan Jalur

RPD berencana untuk terus memperluas programnya, termasuk membangun desa siaga donor. “Pilot project kita sudah berjalan di beberapa desa di Cirebon Timur, seperti Winduhaji, Karang Tengah, dan Ciawijayapura Lemahabang. Warga masyarakat tersebut bila membutuhkan darah, kita fasilitasi,” jelas Abdurrohim.

Ditambahkan dia, RPD saat ini memiliki sekitar 2.000 relawan, meningkat dari awalnya hanya 19 orang pendiri yang juga merupakan pendonor.

“Alhamdulillah, setiap tahun jumlah relawan bertambah untuk mengaktifkan kembali lumbung darah dan membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” pungkasnya. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *