Beragam Lomba Bertema Kearifan Lokal Sambut Hari Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia di Desa Tundagan

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Kuningan – Berbagai lomba dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI setiap tahunnya selalu dilaksanakan dengan meriah, misalnya pertandingan olah raga dan lomba-lomba bersifat hiburan.

Namun kegiatan yang satu ini mungkin bisa dibilang langka yakni lomba seni lukis dan kawih Sunda serta tembang Pupuh.

Kepala Desa Tundagan Sanudi, S.Pd pada pembukaan lomba seni hari Minggu (11/8/2024) bertempat di aula balai desa, dirinya merasa bangga panitia berinisiatif melaksanakan lomba seni, karena kegiatan yang satu ini dapat dibilang jarang sekali dilaksanakan.

Tahun ini PHBN desa Tundagan menggelar lomba seni dalam peringatan HUT ke 79 RI Panitia lomba melukis.

“Kami ucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas digelarnya berbagai kegiatan termasuk lomba seni ini. Mudah-mudahan generasi penerus dapat melestarikan seni budaya termasuk seni lukis dan tembang Pupuh,” harapnya.

Sementara ditempat terpisah, Ketua PHBN desa Tundagan Kec.Hantara Bobon Robinto, S.Pd yang juga sebagai Ketua BPD Tundagan mengatakan tujuan digelarnya lomba seni yang terdiri dari lomba melukis bagi anak-anak dan kawih Sunda plus tembang Pupuh, selain untuk melestarikan seni budaya juga untuk menggali potensi seniman muda berbakat pituin Tundagan.

“Alhamdullah walau disana sini masih ada kekurangan namun kegiatan yang satu ini cukup diminati warga setempat. lomba melukis sejumlah anak usia SD dan SLTP asuhan Mang Haji Tulak alias Maman Sulyaman pelukis handal asal desa tersebut berlangsung dengan baik,” ungkapnya.

Begitu pula lomba kawih Sunda plus Tembang Pupuh walaupun pesertanya hanya beberapa orang, lanjutnya, mereka dapat mengikuti lomba dengan lancar tanpa hambatan.

Ketika ditanya salah seorang seorang peserta lomba lukis,  Dania, tercatat murid kelas IV asal Cipipisan merasa senang dapat mengikuti lomba lukis.

Baca Juga  Ratusan Pecinta All New Corolla Ikuti Jamnas ANCI di Waduk Darma Kuningan

“Mudah-mudahan lomba semacam ini sering digelar,” ucapnya.

Begitu pula rasa senang hati diungkapkan Na’ima Wildia Tamami, salah seorang peserta lomba kawih dan tembang pupuh dari Blok Pasantren dusun Babakan, dirinya berharap kegiatan lomba kawih dan tembang Pupuh ini menjadi agenda rutin setiap memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Pada kesempatan yang sama, Kopel bidang seni Ahyadi, S.Pd.I ketika dikonfirmasi Cirebon Warta menyebutkan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke 79 Kemerdekaan RI di desa Tundagan Kecamatan Hantara diawali kegiatan K3 tiap dusun, voli bal putri, sujud/doa bersama, pawai obor, jalan santai, upacara HUT Kemerdekaan (17/8/2024) berlokasi di lapang Singabarangasan dengan diawali helaran pawai alegoris seluruh warga dari delapan dusun sewilayah desa Tundagan. Acara dilanjutkan panggung gembira pada malam harinya.  (Decky )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *