Diserahkan PJ Walikota Cirebon, Delapan WBP Lapas Cirebon Terima Remisi Bebas

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Sebanyak 684 narapidana di Lapas Kelas I Cirebon menerima remisi umum (RU) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Yan Rusmanto, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Kelas 1 Cirebon menyebutkan, dari jumlah tersebut, sebanyak 672 narapidana mendapatkan Remisi Umum I (RU I), sementara 12 narapidana menerima Remisi Umum II (RU II) serta  tujuh narapidana  dinyatakan bebas murni setelah pengurangan masa pidana.

Pemberian Surat Keputusan (SK) remisi ini dilakukan dalam upacara HUT RI ke-79 yang berlangsung di Lapas setempat , Jl. Kesambi Raya, Kota Cirebon, Sabtu (17/8/24).

Secara simbolis, SK remisi tersebut diserahkan oleh Pj. Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, yang didampingi oleh Kepala Lapas Kelas I Cirebon, Yan Rusmanto, serta Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Cirebon, Reinhards Indra Pitoy.

Lebih lanjut dijelaskan,  remisi tersebut diberikan dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan, dan bagi narapidana yang menerima Remisi Umum II, setelah pengurangan masa pidana, mereka langsung dinyatakan bebas murni pada hari yang sama.

“Mereka mendapatkan Remisi Umum 17 Agustus, sehingga setelah pengurangan masa pidana tersebut, habislah hukumannya dan dinyatakan bebas murni pada hari ini,” ujar Yan Rusmanto.

Ia juga menambahkan bahwa perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia ini diharapkan dapat menanamkan semangat perjuangan dan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan kepada bangsa dan negara.

Pemberian remisi ini, menurutnya, merupakan bagian dari implementasi sistem pemasyarakatan yang mengedepankan hak-hak narapidana sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Dalam semangat Hari Kemerdekaan, kami berkomitmen untuk terus menjalankan tugas pemasyarakatan dengan memberikan hak-hak narapidana, termasuk remisi, sebagai bentuk penghormatan terhadap hak asasi manusia,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Inovasi Diskominfo Kabupaten Cirebon, Siap Luncurkan Aplikasi TTE Versi 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *