Momen Hari Kemerdekaan, Ratusan Narapidana Rutan Cirebon Peroleh Remisi, Empat Langsung Bebas

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Sedikitnya  311 narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon mendapatkan remisi dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Rutan Cirebon menyampaikan, Dari jumlah tersebut, empat orang di antaranya langsung bebas setelah mendapatkan pengurangan masa hukuman.

Kepala Rutan Kelas I Cirebon, Reinhards Indra Pitoy, menegaskan bahwa semangat untuk mengisi kemerdekaan harus dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk para warga binaan.

Menurutnya, pemberian remisi ini merupakan bentuk apresiasi atas pencapaian mereka selama menjalani pidana.

“Sebanyak 311 narapidana yang memenuhi syarat diusulkan untuk mendapatkan pengurangan masa pidana (Remisi) dalam peringatan HUT RI ke-78 ini, dan seluruhnya telah mendapatkan Surat Keputusan Pemberian Remisi,” ujarnya pada Sabtu (17/8/24).

Reinhards menjelaskan, remisi umum HUT RI ke-79 ini terbagi dalam dua kategori, yakni RK I (Pengurangan Sebagian) dan RK II (Langsung Bebas). Dari total penerima, 134 orang mendapatkan remisi 1 bulan, 83 orang mendapatkan remisi 2 bulan, 37 orang mendapatkan remisi 3 bulan, dan 2 orang mendapatkan remisi 4 bulan.

Selain itu, terkait dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99, 21 narapidana mendapatkan remisi 1 bulan, 19 narapidana mendapatkan remisi 2 bulan, 7 narapidana mendapatkan remisi 3 bulan, dan 2 narapidana mendapatkan remisi 4 bulan.

Terkait PP Nomor 28, satu orang mendapatkan remisi, dan empat orang langsung bebas. Sedangkan untuk kasus pidana denda, dua orang mendapatkan remisi.

Reinhards menambahkan bahwa pihaknya tidak mengusulkan remisi bagi warga binaan yang melanggar hukum atau melakukan pelanggaran tata tertib di Rutan Kelas I Cirebon, terutama mereka yang telah masuk dalam register F.

“Pemberian remisi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi warga binaan lainnya untuk terus berperilaku baik dan mengikuti program pembinaan dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya. (Kris)

Baca Juga  KAI Daop 3 Berlakukan Penyesuaian Harga dan Tambah Rute

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *