Dipimpin Kasi Yantah, Rutan Cirebon Gelar Litmas Pembinaan Awal

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Rutan Kelas I Cirebon mengadakan kegiatan Litmas Pembinaan Awal (Asesmen) bagi 75 warga binaan di Rutan setempat, Jl. Benteng, Kota Cirebon,  Kamis (22/8/24).

Kegiatan dipimpin oleh Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Cirebon, Bambang Setiawan, PK Muda Bapas Kelas I Cirebon, Arumli, Kasubsi Adper, Tata, serta Pembimbing Kemasyarakatan (PK) lainnya.

Bambang Setiawan menekankan pentingnya Litmas Pembinaan Awal sebagai langkah awal untuk memahami kondisi dan kebutuhan warga binaan secara komprehensif.

“Kegiatan ini adalah langkah awal yang sangat penting untuk memahami kebutuhan dan kondisi warga binaan. Dengan demikian, kita dapat memberikan bimbingan dan program rehabilitasi yang sesuai,” ujarnya.

Proses ini dilakukan untuk menilai kondisi mental, sosial, dan hukum dari setiap warga binaan. Evaluasi mencakup wawancara mendalam dan pengisian kuesioner yang dirancang untuk mengidentifikasi kebutuhan spesifik masing-masing individu.

Sementara itu, PK Muda Bapas Kelas I Cirebon, Arumli, menambahkan bahwa Litmas atau Penelitian Kemasyarakatan Pembinaan Awal merupakan bagian penting dari kegiatan ini.

PK bertugas mengkaji latar belakang sosial warga binaan, termasuk menilai tingkat risiko dan menentukan kegiatan pembinaan yang cocok.

Arumli juga menegaskan bahwa hasil  Litmas Pembinaan Awal (Asesmen) akan menjadi dasar untuk merancang program pembinaan yang lebih terarah.

“Kami akan menggunakan data yang didapat untuk memperbaiki dan mengembangkan program pembinaan di rutan ini,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Bertekad Raih ZI WBK, Rupbasan Jakarta Utara Studi Tiru Ke Rupbasan Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *