Tim Penilai Adiwiyata Turun ke Cirebon, Rega Wardana Putra Sebut Datangi 3 Sekolah ini

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Sedikitnya 3 Sekolah di Kota Cirebon mengikuti penilaian lomba menuju Sekolah Adiwiyata atau Gren School. Hal tersebut disampaikan Rega Wardana Putra, Kabid Tata Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Selasa (3/9/24).

“Ketiga Sekolah yang mengikuti lomba Adiwiyata tingkat Provinsi tersebut, diantaranya, SDN Bima, SDN Pesantren dan SDN Kalijaga Permai,” sebutnya saat mendampingi tim penilai dari Provinsi Jabar.

Lebih lanjut Rega menjelaskan, Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang menerapkan sistem untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam menjaga dan mengelola lingkungan hidup.

“Program ini merupakan salah satu program dari Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong kesadaran dan pengetahuan warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan,” tandasnya.

Sementara tim yang turun melakukan verifikasi di Kota Cirebon, lanjutnya, ada 3 orang, yakni 2 dari DLH Provinsi Jabar dan 1 dari Disdik Jabar. Selain itu juga ada tim pendamping dari DLH dan Disdik Kota Cirebon.

Adapun kriteria penilaian, selain warga Sekolah yang peduli terhadap lingkungan serta budaya peduli lingkungan juga peran serta dari warga di sekitar area Sekolah.

“Untuk titik fokus penilaian, diantaranya, konservasi air, energi, pengolahan sampah, sanitasi, drainase, kebersihan, inovasi dan kemitraan,” sebut Rega.

Titik fokus penilaian lebih ke konservasi air, energi, pengolahan sampah, sanitasi, drainase juga kebersihan , inovasi dan kemitraan.

Ia pun berharap, ketiga sekolah tersebut lulus menyandang predikat sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi dan kemudian dapat meraih predikat Adiwiyata tingkat nasional,” harapnya. (Cepy)

Baca Juga  Lomba Tari Topeng Season Dua, Kembali Digelar PGC Cirebon, Catat Waktunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *