Gelar Tradisi Panjang Jimat, Patih Keraton Kasepuhan Ajak Tauladani Sikap Nabi Muhammad SAW

0

oplus_0

Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar upacara tradisi  Panjang Jimat 1446 H /2024 M di Keraton Kasepuhan Cirebon, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Senin (16/9/24) malam.

Upacara tradisi tersebut, menurut Patih Keraton Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Muhammad Nusantara merupakan amanat Kanjeng Sunan Gunung Jati sebagai upaya meneruskan perjuangan syiar Islam.

“Acara ini dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi besar Muhammad SAW yang dijadikan sebagai agenda tradisi tahunan Keraton Kasepuhan Cirebon dengan nama upacara tradisi panjang jimat,” kata Pangeran Patih saat memberikan sambutannya.

Dengan peringatan tersebut, Pangeran Patih berharap masyarakat dapat meneladani akhlak mulia dari Nabi Muhammad SAW.

“Salah satu akhlak yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah memuliakan para tamu dan menghormati orang tua,” sebutnya.

Selain itu, lanjutnya,  selalu berkata baik,  selalu memaafkan kesalahan orang lain serta menunaikan amanah dengan baik dan akhlak mulia lainnya. Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Lebih lanjut dijelaskan, dengan prosesi panjang jimat, diingatkan kembali akan proses kelahiran seorang manusia mulia,  yaitu, Nabi besar Muhammad SAW.

“Dengan demikian kita berharap terus dapat memupuk rasa cinta kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Sehingga, kita semua akan mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak. Amin Yra,” harapnya. (Cepy)

Baca Juga  Sambut Ramadhan, Keraton Kasepuhan Gelar Tradisi Drugdag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *