Karya Warga Binaan Tembus ke Pasar Internasional, Lapas Garut Jadi Tujuan Studi Tiru Lapas Madiun

0

Oplus_131072

Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Garut – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Garut kembali menjadi sorotan setelah menerima kunjungan studi tiru dari Lapas Kelas I Madiun.

Kunjungan yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik ini dipimpin langsung oleh Kabid Pembinaan Lapas Madiun, Budi Ruswanto, bersama Kasi Perawatan, Nanda, dan jajarannya.

Kalapas Garut, Rusdedy, yang menyambut langsung rombongan, menyatakan harapannya agar kunjungan ini dapat menjadi ajang pembelajaran bersama.

“Kami berharap momen ini bisa menjadi motivasi untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan warga binaan,” ujarnya.

*Inovasi Unggulan yang Mengesankan*

Selama kunjungan, rombongan Lapas Madiun diajak menyaksikan langsung dua inovasi unggulan Lapas Garut:

1. **Dapur H2O** (Halal, Higienis, dan Zero Waste)

2. **Poliklinik HIJRAH**

“Kedua fasilitas ini merupakan hasil transformasi Lapas Garut dalam upaya meningkatkan layanan pemenuhan kesehatan dan penyediaan makanan sehat bagi warga binaan,” kata  Rusdedy, Kalapas Garut.

Dihadapan peserta studi tiru, ia menjelaskan secara detail mengenai alur penyediaan dan pendistribusian makanan, serta proses pemberian layanan kesehatan yang diterapkan.

*Dari Limbah Menjadi Produk Ekspor*

Puncak kunjungan ditutup dengan peninjauan program pembinaan unggulan Lapas Garut, yaitu pengolahan limbah sabut kelapa menjadi produk Coir Shade.

“Program ini tidak hanya memberikan keterampilan bernilai tinggi bagi warga binaan, tetapi juga telah berhasil menembus pasar internasional,” jelas Rusdedy.

Produk-produk hasil karya warga binaan Lapas Garut kini diekspor ke berbagai negara Eropa, termasuk:

– Prancis

– Belgia

– Spanyol

“Keberhasilan ini menjadi bukti nyata bahwa sistem pemasyarakatan Indonesia mampu berkontribusi positif terhadap ekonomi nasional melalui produk berkualitas ekspor,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Lestarikan Budaya Kearifan Lokal, Pegawai Rupbasan Kompak Pakai Baju Adat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *