Ketahui 7 Jenis Pelanggaran Lalu-lintas Saat Operasi Zebra Lodaya 2024

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Polres Cirebon Kota akan menggelar Operasi Zebra Lodaya 2024 selama 14 hari kedepan, hal tersebut disampaikan Wakapolres Cirebon Kota Kompol Rizky Adi Saputro saat memimpin apel gelar pasukan di Mapolres setempat, Jl. veteran, Kota Cirebon, Senin (14/10/24).

Kegiatan tersebut, menurutnya, bertujuan menekan angka pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

“Kegiatan ini akan fokus pada beberapa hal, terutama untuk menurunkan tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Kami akan melakukan penindakan secara humanis, dengan pendekatan teguran lisan hingga penegakan hukum,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa sasaran utama dalam operasi ini adalah pelanggaran yang berpotensi membahayakan keselamatan jiwa.

“Ada tujuh jenis pelanggaran yang menjadi fokus kami, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, berboncengan lebih dari dua orang, serta penggunaan knalpot bising yang tidak sesuai spesifikasi,” jelasnya.

Operasi ini melibatkan 99 personel Polres Cirebon Kota, dan jumlah tersebut masih akan ditambah dengan dukungan personel dari TNI serta Dinas Perhubungan.

Operasi juga mencakup beberapa titik strategis di wilayah Kota Cirebon, sebagian Kabupaten Cirebon, serta jalan tol dan rest area.

“Kami tidak melihat siapa yang mengendarai, tapi fokus pada keselamatan masyarakat secara umum. Selain itu, kami juga memperhatikan pelanggaran kendaraan ODOL (over dimension and overloading) yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan fatal,” tambahnya.

Kompol Rizky menyatakan bahwa selain tindakan tegas, pihaknya juga akan memberikan edukasi dan teguran humanis kepada pelanggar.

“Kami ingin masyarakat memahami pentingnya disiplin berlalu lintas. Operasi ini bukan hanya soal penindakan, tetapi juga upaya untuk meningkatkan kesadaran keselamatan di jalan,” pungkasnya. (Cepy)

 

 

Baca Juga  Iming-imingi Korban Gaji Besar, Wanita Pelaku Perdagangan Orang Ditangkap Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *