Puluhan Perlintasan Sebidang Diperbaiki, KAI Daop 3 Cirebon Keluarkan Himbauan

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Dalam rangka meningkatkan layanan kereta api termasuk peningkatan keselamatan perjalanan, KAI Daop 3 Cirebon melakukan perbaikan jalur di sejumlah perlintasan sebidang.

 

Rakhmad Makin Zainul, Manager Humas Daop 3 Cirebon menyampaikan, pekerjaan peningkatan prasarana perbaikan Geometri pada perlintasan sebidang  secara periodik telah dan sedang  dilaksanakan di wilayah  kerja Daop 3 Cirebon.

 

“Saat ini sebanyak 168 titik perbaikan pada Jalur Hulu dan Hilir   di  84  lokasi  perlintasan sebidang,” kata Rokhmad, Rabu (23/10/24).

 

Perbaikan tersebut, lanjutnya, meliputi penggantian rel, bantalan , penambahan batu ballast (batu kricak) dan pengaspalan kembali.

 

“Pekerjaan peningkatan keselamatan ini dilakukan guna mengembalikan kondisi jalur kereta api yang mengalami perubahan geometri, dan berpotensi membahayakan keselamatan perjalanan KA,” ucapnya.

 

Perubahan geometri jalur KA, salah satunya disebabkan karena adanya beban kendaraan yang melewati perlintasan sebidang.

 

“Semakin padat beban lalu lintas yang ada, dapat menyebabkan penurunan elevasi rel lebih cepat, dimana hal tersebut dapat mempengaruhi kestabilan perjalanan KA” jelas Rokhmad.

 

Rokhmad menyebut pekerjaan tersebut akan memerlukan beberapa waktu dalam penyelesaiannya.

 

Karena setelah dilakukan pembongkaran dan perbaikan geometri jalan KA, menurutnya, perlu dilakukan masa penstabilan sekitar 7 hari setelahnya, sebelum dilanjutkan  pengaspalan.

 

“Dengan begitu, dalam beberapa hari ke depan, lalu lintas pada beberapa perlintasan sebidang akan sedikit mengalami hambatan,” ungkapnya.

 

Selama perbaikan, Rokhmad memastikan tidak ada penutupan jalan karena yang digunakan untuk perbaikan adalah separuh ruas jalan. Sementara separuh badan jalan sisanya masih bisa dilintasi pengguna jalan.

 

Ia pun mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas selama perbaikan rel untuk berhati-hati. Selama pengerjaan kondisi jalan tidak sebagus biasanya, bagi semua  pengendara  yang akan melintas supaya lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan

Baca Juga  Sukseskan Masa Nataru 2023, KAI Daop 3 Cirebon Siapkan Ratusan Petugas

 

“PT KAI Daop 3 Cirebon  menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan para pengguna jalan dikarenakan adanya pekerjaan tersebut dan kami mengimbau pengguna jalan yang melewati area yang diperbaiki tersebut untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terutama pada saat cuaca hujan ,karena selain ada penumpukan material, juga ada lalu-lalang pekerja ,” pungkasnya. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *