Lautan Manusia di Kota Cirebon Sambut Kirab Budaya Cap Go Meh

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Pawai perayaan Cap Go Meh tahun 2023 di Kota Cirebon berlangsung meriah, ribuan masyarakat tumpah ruah memenuhi dan menyaksikan kirab budaya tersebut.

Untuk diketahui, iring-iringan Kirab Cap Go Meh dimulai dari Vihara Dewi Welas Asih itu membawa joli dan rupang yang berasal dari beberapa vihara di Cirebon.

Adapun rute yang dilintasi yaitu melintasi sejumlah ruas jalan di Kota Cirebon, yaitu Jalan Pasuketan, Jalan Pekiringan, Jalan Prujakan, Jalan Sukalila Selatan, Jalan Karanggetas, kawasan Jagabayan, Jalan Winaon, Jalan Kanoman, kawasan Pasar Talang, Jalan Kebumen, dan kembali ke Vihara Dewi Welas Asih.

Cap Go Meh sendiri merupakan tradisi Tionghoa yang dirayakan setiap tanggal 15 penanggalan Tionghoa, sekaligus menjadi rangkaian akhir dari perayaan tahun baru Imlek.

Di Kota Cirebon, semarak Cap Go Meh tidak hanya dirasakan warga Tionghoa, melainkan masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya secara umum. Kemeriahan setiap perayaan Cap Go Meh seakan menjadi simbol sejuknya keberagaman di Kota Wali.

“Kita bisa melihat, kemeriahan Cap Go Meh disaksikan dan dirasakan tidak hanya oleh saudara-saudara kita dari Tionghoa, melainkan masyarakat secara luas,” ungkap Wali Kota Cirebon, H. Nashrudin Azis, S.H., Minggu (5/2).

Menurut Azis, masyarakat Kota Cirebon yang majemuk dapat mengedepankan kerukunan dan kebersamaan. Kemeriahan Cap Go Meh menjadi salah satu potret betapa indahnya kehidupan masyarakat Cirebon di tengah keberagaman.

“Tentu kemeriahan ini menjadi potret betapa masyarakat kita yang beragam ini mampu menjunjung tinggi kebersamaan, persaudaraan, saling menghargai dan mendukung satu sama lain,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Vihara Dewi Welas Asih, Iwan Santoro mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam rangkaian perayaan tersebut, sehingga berlangsung meriah.

Baca Juga  Warga Kota Cirebon Tumpah Ruah Saksikan Perayaan Cap Go Meh, Dave Laksono : Perayaan Kemenangan Dalam Kebersamaan

“Tahun ini pelaksanaan Cap Go Meh sangat meriah karena sejak pandemi Covid-19 tidak ada Cap Go Meh. Sehingga tahun ini dinilai sangat spesial,” pungkasnya. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *