Tahanan dan Warga Binaan Dikunjungi Jajaran Pengamanan Rutan Cirebon Disaat Kunjungan Lebaran

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Kebahagian tampak terpancar dari wajah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Cirebon saat mengikuti acara halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran pengamanan Rutan.

Meski jauh dan tidak dapat berkumpul bersama keluarga, namun, perlakuan humanis serta kekeluargaan yang ditunjukan para abdi negara yang bertugas di Rutan, membuat sejenak melupakan kesedihan para WBP ditengah perayaan hari raya Idul Fitri ini.

“Kami gelar kegiatan kunjungan ini bagi 115 WBP yang jarang dikunjungi bahkan tidak pernah keluarga dan kerabatnya,” kata Kepala Kepala KPR (Kesatuan Pengamanan Rutan) Rutan Kelas 1 Cirebon, Donny Yudha Pratama A.Md.IP SH., Sabtu (22/4/23).

Adapun, alasan digelarnya acara tersebut, lanjut Donny, bertujuan memberikan peningkatan pelayanan kepada WBP dan mempererat kebersamaan dan silaturahmi antara sesama WBP dan petugas rutan.

“Seperti yang terlihat, kami berbaur, saling cerita dan serunya juga makan kue lebaran secara bersama-sama layaknya Tahanan dan WBP lainnya yg dikunjungi keluarga atau kerabatnya,”ungkapnya.

Selain itu, apa yang dilakukanya, masih kata Donny, agar mereka tidak merasa berkecil hati dalam menjalankan hukuman pidananya dan dapat merasakan kehadiran keluarga ditengah suasana hari lebaran.

“Layaknya kami ini sebuah keluarga besar dalam kebersamaan, kami berkumpul bercanda gurau, bercengkerama juga makan bersama,” tandasnya.

Hal tersebut, sambungnya, sesuai komitmen pihaknya, dalam rangka menciptakan suasana krnyamanan dalam sebuah bingkai kekeluargaan.

“Bahwa di Rutan ini kita ciptakan suasana kekeluargaan, kita semua adalah keluarga dan disini kami adalah keluarga tahanan dan WBP,” ujarnya.

Diceritakan Donny, mayoritas WBP dan tahanan yang kami kunjungi berasal dari luar Cirebon dan datang dari keluarga yang kurang mampu.

Baca Juga  Terjun Langsung Kenalkan Rupbasan, Karupbasan Cirebon Podcast di Media

“Ini merupakan sisi humanis yang kami lakukan terhadap mereka, karena kami sudah menganggap mereka keluarga kami,” tuturnya.

Hal demikian, sambungnya, telah dilakukan semenjak bertugas Lapas Sukamiskin, Banceuy.

“sekarang saya terapkan lagi di Rutan dan kegiatan ini diadopsi dari senior saya yang sekarang sudah menjadi pimpinan tinggi, ” ucapnya.

Dihadapan para WBP, Ia pun berpesan, bahwa petugas Rutan dan WBP merupakan satu keluarga, maka dari itu, diharapkan dapat menjaga hubungan kekeluargaan tersebut.

“Kita adalah keluarga dan ini rumah kita, jangan sekali-kali mengotori persaudaraan dan rumah kita dengan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan semuanya, kami adalah keluarga terdekat kalian saat ini,” pesan Donny. (Cepy) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *