Lapas Cirebon Bekali Beragam Keterampilan, Warga Binaan Pemasyarakatan : Sangat Bermafaat

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cirebon memberikan pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP)  untuk melatih keterampilan dan bakat yang bisa dikembangkan.

“Kegiatan  tersebut bertujuan agar warga binaan bisa memanfaatkan waktu dalam menjalankan masa hukuman dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat,” kata Kadiyono, Kalapas Kelas 1 Cirebon,  Rabu (3/5/23).

Lebih lanjut dikatakan,  beragam kegiatan keterampilan  diberikan,  diantaranya,  konveksi, sablon, kerajinan rotan, olahraga, keagamaan, dan lainnya.

Selain itu,  Lapas Cirebon juga memiliki kreasi minuman berkhasiat yang dinamakan Teh Kombucha, teh tersebut merupakan kreasi dari warga binaan.

Adapun produk Teh Kombucha tersebut, masih kata Kadiyono,  dinamakan Chabi yaitu Kombucha Kesambi yang dikemas dalam botol dengan ukuran 250 mL.

Sedangkan manfaat teh kombucha, sambung Kadiyono,  diantaranya :

1. Sebagai Sumber antioksidan setara dengan teh hijau.

2. Mengandung asam asetat yang mempu membunuh mikroorganisme berpotensi membahayakan.

3. Mengatur kadar kolesterol.

4. Menurunkan kadar gula darah dengan mencerna karbohidrat secara perlahan.

5. Meningkatkan fungsi hati.

6. Meningkatkan fungsi ginjal.

“Kegiatan pembinaan harus terus didukung dan tentunya dengan pengawasan selalu dari pegawai khususnya regu pengamanan agar terus tercipta kondisi yang aman dan tertib,” tandas Kadiyono.

Kadiyono berharap,  program pembinaan yang rutin dilaksanakan pihaknya dapat terus terlaksana.

“Agar warga binaan dapat terus berkreasi dan memanfaatkan waktu dengan kegiatan positif untuk pengembangan diri,” harapnya.

Sementara itu,  DM (nama inisial)  salah satu WBP, mengaku sangat terbantu dengan program yang digulirkan pihak Lapas Kelas 1 Cirebon tersebut.

“Tentunya saya sangat terbantu dengan adanya pembinaan di Lapas Cirebon ini, karena sebelum masuk kesini, saya tidak punya keterampilan khusus, namun semenjak saya di bina di lapas ini, saya jadi memiliki keterampilan kerja yaitu konveksi baju. Terima kasih untuk jajaran Lapas Cirebon,” ungkapnya. (Cepy/Ril)

Baca Juga  Mesin Tenun Buatan Belanda 1928 di Lapas Cirebon Masih Terawat, Bikin APH Kota Cirebon Kagum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *