Tingkatkan Kepedulian Sesama, UGJ Gelar Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Hari Raya Idul Adha 1444 H kali ini sivitas akademika Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon berkurban 3 ekor sapi dan 15 ekor kambing. Hewan qurban diserahkan langsung oleh Rektor UGJ Prof. Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si. kepada ketua panitia penyembelihan hewan qurban.

Dari penyembelihan hewan qurban diperoleh 450 kg daging yang dikemas masing-masing 1/2 kg per paket, sehingga menghasilkan 900 paket daging yang akan dibagikan kepada masyarakat sekitar kampus UGJ, kaum duafa, dan mitra sosial kampus yang berhak menerimanya.

UGJ juga mengadakan sholat Idul Adha di masjid Nurul Ilmi kampus I UGJ, yang dihadiri oleh Rektor UGJ beserta jajarannya dan para pengurus Yayasan PSGJ, imam dan khotib diisi oleh Dr. Drs. H. Acep Komara, SE., M.Si., Ak., CSRS. Pada khutbahnya menyampaikan, selain ibadah yang memiliki dimensi vertikal yakni mendekatkan diri kepada Allah, qurban juga memiliki dimensi horizontal atau sosial yakni berbagi rezeki dengan orang lain dan menggembirakan hati orang lain.

 

“Betapa banyak nikmat Allah kepada kita sampai dipastikan kita tidak akan bisa menghitungnya satu-persatu, kenikmatan ini harus kita syukuri dengan wujud menggunakannya untuk ibadah mendekatkan diri kepada Allah, bisa dilakukan dengan mengerjakan sholat dan menyembelih hewan qurban,” ujarnya.

“Berqurban merupakan manivestasi dari kecerdasan spiritual dalam rangka menjadi insan yang muflihun untuk meraih kemenangan di hari akhir dan berharap berkah dan rahmat dari Allah SWT,” sambungnya.

Rektor menyampaikan dalam kesempatan ini, pelaksanaan Idul Adha di halaman kampus 1 UGJ  diselenggarakan setiap tahun dan bukan hanya sivitas akademika UGJ http://ugj.ac.id yang menjadi jamaah, tapi terbuka untuk umum. Dari tahun ke tahun pelaksanaan sholat Idul Adha ataupun sholat Idul Fitri sangat banyak masyarakat yang bergabung.

Baca Juga  Keren, UGJ Duduki Peringkat 25 PTS Terbaik Nasional

“Saya atas nama pimpinan universitas saya mengucapkan Selamat Idul Adha 1444 H mohon maaf lahir bathin” ujarnya.

Idul Adha merupakan bulan dimana sesama umat islam sebagai saudara, di bulan berbagi, kita sesama umat islam diharapkan di Idul Adha ini, setidaknya dapat membantu bagi mereka yang membutuhkan.

“Hewan-hewan qurban yang disembelih ini, tentu dapat didistribusi kepada mereka yang lebih membutuhkan, oleh karena itu diharapkan dapat paling tidak membuat mereka bahagia saat ini” ucapnya.

“Harapan kedepannya bersatulah umat islam diseluruh dunia dalam memerangi kemiskinan, memerangi keterpurukan dan keterbelakangan dengan demikian kebangkitan islam pada masa kini dan masa yang akan datang akan dapat terwujud,” pungkasnya. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *