Dihadiri Ribuan Warga, Ini Pesan Sultan Kacirebonan Saat Pelal Panjang Jimat

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –  Prosesi pelal panjang jimat berlangsung di Bangsal Prabayaksa Keraton Kacirebonan. Jl. Winaon, Kota Cirebon, Kamis (28/9/23) malam ini.

Rangkaian tradisi tersebut diawali dengan sambutan Sultan Kacirebon IX, Pangeran Raja Abdugani Natadiningrat, S.E. sekaligus pesan khusus kepada warga dan tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Sultan berpesan agar senantiasa selalu meneladani dan mengingat anjuran Nabi Besar Muhammad SAW.

“Baik pada malam hari ini Puncak acara serangkaian panjang jimat yaitu Pelal Agung itu iringan panjang jimat yang dibawa dari prabayasa menuju masjid,” kata Sultan.

Lebih lanjut disampaikan, pelal panjang jimat tersebut merupakan perasaan syukur nikmat di samping melestarikan nilai tradisi budaya.

“momentum ini untuk memperingati hari nabi besar Muhammad  shallallahu alaihi wasallam agar, kita menyemangatkan kembali nilai-nilai keimanan kita, keyakinan yang kita harus lakukan sepanjang masa,” tutur Sultan Abdulgani.

Sultan berharap, acara ini dapat selalu dilestarikan oleh keraton dan juga masyarakat ikut bersama-sama untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal tersebut.

“Sehingga tradisi budaya ini  akan selalu dilestarikan dan dijaga,” ungkapnya.

 

Prosesi dimulai setelah Sultan memberikan wejangan. Para abdi dalem serta pemangku adat melakukan iring-iringan sambil membawa Nasi dan Lauk Jimat menuju Langgar Agung Tirta Sumirat untuk melakukan doa bersama. (Cepy)

Baca Juga  Tanam Ratusan Pohon, KAI Daop 3 Cirebon Dukung Pelestarian Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *