Peringati HUT ke-78, PMI Kota Cirebon Sukses Jalankan Misi Kemanusiaan dan Raih Prestasi

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –Sebagai garda terdepan dalam misi kemanusiaan, PMI Kota Cirebon telah menunjukan kontribusi nyata dalam hal aksi kemanusiaan, kebermanfaatan bagi masyarakat juga berhasil meraih prestasi.

Bertepatan dengan HUT PMI (Palang Merah Indonesia) ke-78, PMI Kota Cirebon juga telah melaunching Bulan Dana PMI  tahun 2023 di halaman gedung Setda kota Cirebon, Jl. Siliwangi, Kota Cirebon,  Rabu (27/9/23).

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah membantu PMI Kota Cirebon. Karena,  kontribusinya sangat berarti dalam penanganan berbagai persoalan di Kota Cirebon,” kata Hj Eti Herawati, Wakil Walikota Cirebon.

Oleh karena itu, sebagai garda terdepan dalam menjalankan misi kemanusiaan, Eti berharap,  masyarakat terketuk untuk membantu dan berkontribusi guna mendukung kerja-kerja PMI Kota Cirebon.

“Masyarakat jangan sungkan membantu PMI Kota Cirebon. Pergerakan PMI sangat sulit jika tidak ada bantuan dari masyarakat. Jadi prinsipnya saling membantu,” tuturnya.

Sementara itu, dr. H. Muhammad Edial Sanif, Sp.JP., FIHA., FAsCC., FICA., Ketua PMI Kota Cirebon mengatakan, berbagai prestasi berhasil diraih tahun ini.

“Dimana PMR Kota Cirebon meraih juara 1 Jumbara tingkat nasional  dan kedua, kita juga menjadi satu dari dua kecamatan di pulau Jawa yang diapresiasi oleh Palang Merah internasional Amerika (American Red Cross) yang memberikan bantuan imunisasi Bian hanya pada dua kecamatan di seluruh pulau jawa salah satunya adalah kota Cirebon,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya secara konsisten menyalurkan bantuan bencana, bukan saja di kota Cirebon melainkan di seluruh Indonesia.

“Bencana alam dimanapun kita selalu tampil memberikan bantuan  dan berkoordinasi dengan PMI setempat,” ungkapnya.

Disaat musim kekeringan, pihaknyapun memberikan bantuan air bersih kepada warga Argasunya. Menurutnya, banyak masyarakat Kota Cirebon yang tidak mendapatkan sarana air bersih.

Baca Juga  Bertaruh Nyawa Evakuasi Korban, Walikota Cirebon Berikan penghargaan Petugas Damkar

“Kemarin kita mulai di dua titik, Insya Allah dengan bekerjasama dengan Damkar kita akan memberikan bantuan lagi air bersih untuk masyarakat kita yang kekurangan khususnya air minum dan air bersih lainnya,” tuturnya.

Terkait bulan dana PMI yang telah dicanangkan selama tiga bulan kedepan, pihaknya me pun menghimbau masyarakat untuk secara bersama-sama membantu serta menolong mereka yang membutuhkan .

“Dan dana itu, kita kembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan percayalah, kita selalu membina anggota kita, masyarakat dan pelajar untuk membantu bencana apapun, baik itu bencana alam maupun bencana   sosial,” paparnya.

Ditandaskannya, meskipun tidak ada bencana, pihaknya selalu siap  untuk tampil kedepan melakukan apapun yang dibutuhkan untuk masyarakat.

“Tujuh prinsip PMI sebagaimana dilihat itu kita tanamkan ke anggota atau relawan, supaya mereka menerapkan tujuh Prinsip PMI, karena itu berlaku di seluruh dunia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Edial pun mengapresiasi Adam Nuridin. Didaulat sebagai Ketua panitia, dirinya dianggap telah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Sehingga acara dapat berlangsung meriah dan sukses.

“Dengan kesederhanaan tapi cukup meriah dan penampilan anak-anak PMR, kami lihat mereka berkualitas, memiliki inovasi dan prestasi,luar biasa sangat berkualitas,” tukasnya.

Untuk diketahui, peringatan HUT PMI ke-78 tampak beda, hal tersebut tak lepas dari kepiawaian Adam Nuridin selaku Ketua Panitia meramu acara dengan sedemikian rupa.

“Disamping menolong sesama, kami juga mengapresiasi para relawan. Maka dari itu, kami berikan panggung untuk mereka berkreasi mengisi beragam acara hiburan termasuk meneriakan.yel-yel,” kata Adam yang juga Kepala DPKP Kota Cirebon ini.

Dalam kesempatan yang sama, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon memberikan penghargaan kepada relawan yang telah membantu PMI Kota Cirebon juga persembahan penampilan para pelajar anggota PMR dengan unjuk kebolehan dalam baris berbaris dan senam gembira. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *