Jabat Kepala BPKPD Kota Cirebon, Mastara Siap Berikan Kemampuan Terbaik

0
Spread the love

Pejabat baru Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Cirebon, Mastara akan langsung tancap gas melaksanakan tanggung jawab dan tugas setelah dirinya resmi menjabat BPKPD-1. Penandasan tersebut disampaikan usai acara serah terima jabatan (Serijab) di Aula pertemuan kantor setempat, Jl. Pengampon, Lemahwungkuk, Kita Cirebon, Kamis (19/10/23).

“Tentunya langkah awal adalah konsolidasi dan minta informasi terkait dengan pelaksanaan tugas yang menjadi kewajiban, ” kata Mastara.

 

Disampaikannya, sebagai dapur APBD, pihaknya bertekad untuk mengoptimalkan pelaksanaan APBD 2023.

 

Sejalan dengan otonomi daerah, masih kata Mastara, pihaknya didorong untuk dapat meningkatkan kapasitas fiskal.

 

“Nanti arahnya pada kemandirian fiskal, tapi untuk itu masih dibutuhkan proses panjang dan harus didorong dengan peningkatan PAD,” ungkapnya.

Maka dari itu, dalam optimalisi PAD, lanjutnya dengan melalui 3 upaya. Diantaranya, peningkatan pendapatan, rasionalisasi belanja dan pendayagunaan barang milik daerah.

 

“Sehingga bukan hanya dari sisi tertib administrasi dan legalitas, tapi bagaimana juga pengelolaan barang milik daerah bisa memberikan kontribusi terhadap PAD,” jelasnya.

 

Sementara itu, Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi menegaskan BPKPD adalah perangkat daerah yang mengemban tiga fungsi secara strategis selain perangkat daerah

 

“Sebagai bendaraha umum daerah, SKPD dan sebagai pengelola penatausahaan barang  milik daerah,” sebutnya.

 

Agus berharap, selain sebagai kepala perangkat daerah, pejabat baru dapat melaksanakan peran dan fungsi akan tiga hal tersebut. (Cepy)

Baca Juga  Tinjau Sungai di Kota Cirebon, Watimpres Ajak Tangani Banjir Secara Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *