Launching Aplikasi “SiraJeh”, Dinkes Kota Cirebon Permudah Layanan Kesehatan Masyarakat

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan, beragam.inovasi dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon. Hal tersebut disampaikan dr Siti Maria Listiawati, Kadinkes Kota Cirebon.

“Salah satu inovasi tersebut yaitu dengan meluncurkan System aplikasi yang mencakup layanan kesehatan. Sistem Rekonsiliasi Jaminan Kesehatan Kota Cirebon (SIRA JEH),” kata dr Siti Maria Listiawati usai acara launching di halaman Kantor Dispora, komplek perkantoran Stadion Bima, Kota Cirebon, Kamis (23/11/23).

Aplikasi multifungsi sebagai bentuk kemudahan layanan masyarakat tersebut dilaunching dan dihadiri langsung oleh Plt Walikota Cirebon Hj Eti Herawati, Sekda Kota Cirebon H Agus Mulyadi dan seluruh perwakilan OPD.

melalui Sira Jeh, lanjutnya, masyarakat dipermudah dari mulai pendaftaran hingga pelayanan kesehatan.

“Mulai dari pendaftaran dipermudah, sehingga masyarakat cukup bawa KTP ke puskesmas, kemudian akan masuk ke dalam sistem aplikasi kemudian akan menunggu sampai disetujui,” jelasnya.

Dikatakannya, setelah registrasi Sira Jeh, berlanjut ke rekonsiliasi yang berfungsi sebagai support payung hukum guna terselenggaranya jaminan kesehatan khususnya BPJS tepat sasaran.

Siti Maria Listiawati menambahkan, rekonsiliasi juga dapat digunakan untuk pemadaman. Sehingga data warga Kota Cirebon yang sudah meninggal atau berpindah tempat tinggal dapat diupdate dengan data warga baru lahir.

Dengan terbatasnya APBD, masih kata Kadinkes,  update database jaminan dan layanan kesehatan di Kota Cirebon diharapkan tepat sasaran.

“APBD kan terbatas, maka Sira Jeh ini mengawal pemerintah daerah ini untuk masyarakat kota Cirebon melalui kerjasama Disdukcapil, dinas sosial, Disnaker, DKIS,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Datangi Pasar Malam, Dinkes Kota Cirebon Razia Chiki Ngebul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *