Waspadai Wabah Penyakit DBD, Kadinkes Kota Cirebon Ajak Masyarakat Berperilaku Hidup Sehat

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –Ditengah tingginya intensitas hujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiagaan terhadap wabah penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Hal tersebut disampaikan dr Siti Maria Listiawaty, Kadinkes Kota Cirebon, Kamis (18/1/24).

“Jangan sampai ada air tergenang ditempat tertentu, seperti wadah, botol bekas dan penampungan yang sifatnya terbuka,” kata dr Siti Maria.

Karena menurutnya, dengan wadah yang terbuka jadi tempat rawan bagi berkembang biak nyamuk pembawa virus DBD.

“Jadi nyamuknya bertelur disitu, habis bertelur kan hujan. Sehingga ada air yang tergenang dia bertelur, habis itu panas kemudian telur menetas dan menyebar,” jelasnya.

Ketika disinggung jumlah kasus DBD, Siti Maria menyebutkan, tahun 2023 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

“Hingga kini kasus demam berdarah di Kota Cirebon terhitung banyak, hanya saja pada tahun 2023 jumlahnya lebih kecil dibanding tahun 2022,” sebutnya.

Pihaknya pun terus berupaya agar tiap tahun kasusnya semakin menurun. Maka dari itu, Kemenkes mengeluarkan inovasi salah satunya dengan nyamuk Wolbachia untuk menekan populasi nyamuk sebagai penyebab DBD ini.

“Karena hal yang paling memungkinkan adalah antagonis secara biologis dari teman-teman nyamuknya itu sendiri” pungkasnya. (Cepy)

 

 

 

 

Baca Juga  Launching Aplikasi "SiraJeh", Dinkes Kota Cirebon Permudah Layanan Kesehatan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *