Soal Dibukanya Waduli, Begini Harapan Pj Walikota Cirebon

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Warung Peduli Inflasi (Waduli) merupakan inovasi dari TPID Kota Cirebon sebagai salah satu cara mengendalikan inflasi. Demikian disampaikan H Agus Mulyadi PJ Walikota Cirebon saat menghadiri launching Waduli bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Pasar Jagasatru, Pekalipan, Kota Cirebon, Selasa (19/4/24) siang.

“Waduli  juga dapat menjadi barometer pengendalian harga dan salah satu pusat informasi sebagai bahan masukan Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam menentukan kebijakan lanjutan,” kata Agus.

Menurut dia, dalam kehadirannya, Waduli  bukan pesaing bagi para pedagang pasar, tapi sebagai wadah edukasi yang dioptimalkan sebagai tempat bagi penyelenggaraan operasi pasar di Kota Cirebon dalam rangka tersedianya harga rujukan untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

Ia menambahkan, Waduli merupakan wujud kerjasama antar daerah. Dalam pelaksanaannya, Pemda Kota Cirebon menugaskan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Pasar Berintan sebagai operator.

Menurutnya,  BUMD itu bisa memainkan peran penting dalam memetakan jalur distribusi komoditas dan memangkas rantai penyaluran menjadi lebih efisien.

“Secara bertahap, akan kita dorong BUMD pangan, jadi tidak saja pengelolaan pasar tapi juga mempunyai peran terhadap pola distribusi pangan yang ada di Kota Cirebon,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Pj Wali Kota, dengan adanya Waduli, diharapkan bisa memenuhi 4 strategi dari TPID yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, komunikasi efektif melalui transparansi harga dan kerjasama antar daerah.

“Seperti di bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri nanti, penting bagi Pemerintah Daerah Kota Cirebon, TPID, dan segenap pihak untuk dapat menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Ikuti Porpemda Jabar XV, Kontingen Kota Cirebon Targetkan Sapu Bersih Emas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *