Rutan Cirebon Gelar Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Bertempat di lapangan apel Rutan Kelas I Cirebon, jajaran petugas melaksanakan upacara puncak dari peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 60 (HBP-60).

Ahmad Fauzi selaku inspektur upacara memimpin gelaran upacara tersebut, mewakili Kepala Rutan Kelas I Cirebon Reinhards Indra Pitoy yang juga mengikuti upacara peringatan HBP-60 secara terpisah di Bandung (Lapas Kelas I Sukamiskin, red.)

Dengan tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”, dalam gelaran upacara tersebut Ahmad Fauzi membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM (Yasonna H. Laoly).

Sistem Pemasyarakatan adalah sebuah perubahan rasionalitas kepenjaraan, yang sebelumnya hanya ditujukan untuk mengurung menjadi tempat yang bertujuan untuk mereformasi pelanggar hukum.

Berbagai permasalahan dan pencapaian yang silih berganti kian mendewasakan dan menguatkan institusi ini.

Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rl Ke-60 dengan tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak.” bukanlah kegiatan seremonial semata, tapi ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan arah dan tujuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh elemen masyarakat beserta instansi terkait, yang telah berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas Pemasyarakatan.

Gelaran upacara peringatan HBP-60 ini ditutup dengan pembagian hadiah bagi petugas dan warga binaan Rutan Cirebon, yang telah meramaikan, mengikuti, dan memenangkan lomba-lomba dalam rangkaian kegiatan HBP-60. (Cepy)

 

Baca Juga  Kampanye Pertama, AHY Temui Ribuan Warga Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *