Rutan Cirebon Peringati Hari Lahir Pancasila

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon –Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Rutan setempat, Jl. Benteng, Kota Cirebon,  Sabtu (1/6/24).

Dengan mengenakan pakaian adat, Upacara dipimpin oleh Kepala Rutan Kelas I Cirebon, Reinhards Indra Pitoy dan diikuti oleh seluruh pegawai.

Dalam sambutannya, Reinhards Indra Pitoy menekankan pentingnya momentum Hari Lahir Pancasila sebagai fondasi utama dalam mempersatukan bangsa yang beragam.

“Pesan yang disampaikan pada hari ini adalah kesaktian Pancasila yang merupakan momentum penting. Indonesia ini beragam suku, bangsa, dan agama. Dengan adanya ideologi Pancasila, kita harus bersatu dan rapat bersama tanpa memandang agama, suku, dan ras,” ujar Reinhards.

Reinhards juga menyoroti peran penting Pancasila dalam membangun kebersamaan untuk mengisi kemerdekaan.

“Ideologi Pancasila harus kita terapkan sehari-hari, terutama dalam melayani warga binaan tanpa memandang agama, suku, dan golongan. Hal ini agar pelayanan kami maksimal dan dirasakan oleh masyarakat, terutama para warga binaan, dengan cerminan bahwa kita adalah satu kesatuan,” tambahnya.

Keunikan upacara ini terlihat dari penggunaan busana adat oleh seluruh peserta. Reinhards sendiri mengenakan pakaian adat Bali, sementara pegawai lainnya mengenakan berbagai pakaian adat yang mencerminkan keragaman budaya Indonesia.

“Saya sangat senang bahwa pada peringatan Hari Pancasila ini kita memakai baju adat. Ini mencerminkan bahwa meski berbeda-beda, kita tetap satu di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Upacara tersebut berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat nasionalisme. Reinhards berharap, momentum peringatan Hari Lahir Pancasila dapat memompa semangat seluruh pegawai Rutan Kelas I Cirebon dalam menjalankan tugas dengan sepenuh hati, serta terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Rutan Cirebon Hadiri Undangan Pelantikan Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Cirebon 

Dengan pelaksanaan upacara yang sarat akan simbol persatuan dan kebhinekaan ini, Rutan Kelas I Cirebon menunjukkan komitmennya untuk terus menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, baik dalam lingkup pekerjaan maupun dalam kehidupan bermasyarakat. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *