Agus Sukmanjaya Sosok Dibalik Penghargaan KIK, Sebut Tunggu Tahap Verifikasi 7 Sertifikat

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Penghargaan sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal (KIK)  dari Kemenkumham menjadi kado istimewa ditengah perayaan malam puncak Hari Jadi Cirebon ke-597 di depan gedung Balaikota Cirebon, Jl. Siliwangi, Sabtu (27/7/24) lalu.

Sertifikat KIK diserahkan langsung Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat. Dr. Andi Taletting Langi kepada  Pj Walikota Cirebon, H Agus Mulyadi.

Penghargaan 10 dengan 2 kategori  KIK tersebut disambut baik dan disyukuri H Agus Sukmanjaya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Cirebon.

“Alhamdulillah  ini sebagai salah satu kado terbaik pada peringatan hari jadi Cirebon ke-597 Pemerintah Daerah Kota Cirebon dengan mendapatkan penghargaan dari Kemenkumham,” kata Agus.

Ia menambahkan, terdapat dua kategori kekayaan intelektual yang dimiliki oleh masyarakat umum bersifat komunal, diantaranya, ekspresi budaya tradisional dan pengetahuan tradisional.

Untuk diketahui, sosok Agus Sukmanjaya memiliki peran penting dalam  penghargaan pengakuan kekayaan budaya Cirebon tersebut. Namanya tampak tercantum sebagai pelapor dalam piagam pencatatan inventarisasi kekayaan intelektual Komunal kedua kategori yang diterima Pemkot Cirebon.

“Masih ada sekitar 7 usulan lagi, baik ekspresi budaya tradisional maupun pengetahuan tradisional yang masih dalam proses verifikasi dan validasi. Mudah-mudahan bisa kita terima tahun ini,” ungkapnya.

Dengan diterimanya penghargaan KIK tersebut, lanjutnya, bagaimana  Masyarakat melalui pemerintahan daerah bisa melindungi aset-aset tradisi yang ada di Cirebon pada khususnya.

“Sehingga tidak kemudian dicaplok oleh negara lain, kalau sekarang alhamdulillah ini pemerintah sendiri sudah memberikan sebuah proteksi melalui KIK.   Sehingga fix bahwa ini adalah kekayaan dari Jawa Barat dari Cirebon,” pungkasnya. (Cepy)

Baca Juga  Diinisiasi Polisi, PJ Bupati Cirebon Apresiasi Festival Band Pelajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *